Dilarang duduk di lantai kereta – Tahukah anda ?

Dilarang duduk di lantai kereta

Tahukah anda arti simbol seperti gambar di atas ? Simbol tersebut adalah simbol dilarang duduk di lantai kereta.

Simbol tersebut bisa ditemukan terpampang di dalam kereta Commuter Line yang dikelola PT KCJ (Kereta Commuter Jabodetabek), anak perusahaan PT KAI (Kereta Api Indonesia)

(Commuter Line adalah jasa layanan kereta yang melalui menghubungkan ibukota Jakarta dengan kota lain seperti Bogor, Depok , Tangerang dan Bekasi)

Tanda larangan tersebut bukan untuk melarang penumpang untuk duduk di kursi yang telah disediakan. Semua penumpang diperkenankan untuk menempati kursi-kursi yang tersedia.

Simbol larangan tersebut bertujuan untuk mencegah penumpang duduk di lantai kereta.

Sebelumnya sudah umum dilakukan oleh banyak penumpang, mereka yang tidak mendapatkan kursi, akan menggelar koran untuk duduk. Bahkan tidak jarang , penumpang-penumpang tersebut membawa kursi lipat kecil yang biasa dipergunakan untuk memancing.

Hal tersebut sering memicu keributan antar penumpang. Penumpang yang duduk di lantai menyebabkan ruang yang seharusnya bisa dipakai untuk berdiri, menjadi sempit karena sikap mereka.

Julukan yang diberikan terhadap para penumpang yang demikian adalah “kuliper” alias “kursi lipet-er”. Sering juga disebut sebagai “leseh-er” untuk yang biasa menggelar koran sebagai alas duduk.

Tingkah mereka tidak jarang membuat penumpang yang berdiri merasa terganggu. Apalagi ketika jam sibuk dimana bahkan untuk berdiri saja sudah sangat susah. Kehadiran mereka dengan kursi lipat mereka terasa sangat mengganggu.

Untuk itulah sejak pembenahan yang dilakukan pihak PT KCJ, simbol dilarang duduk di lantai kereta dibuat. Hal ini untuk mengingatkan para penumpang bahwa duduk di lantai kereta akan mengganggu penumpang lain.

Di stasiun-stasiun sepanjang jalur Commuter Line dan juga di dalam kereta, pengumuman untuk mengingatkan hal tersebut selalu diperdengarkan. Petugas di dalam kereta juga akan meminta anda untuk berdiri bila mereka menemukan anda sedang duduk di lantai.

Jadi bila anda hendak menuju kawasan Jabodetabek , pastikan bahwa anda tidak duduk di lantai. Hal tersebut akan menyebabkan gangguan terhadap penumpang lainnya.

Sesuatu yang harus anda hindari.

 

Bogor, 17 Mei 2015

 

Tags: