Fakta Burung Unta : Lucu, Ada Yang Besar Ada Yang Kecil

Pernah melihat adegan dalam film kartun tentang Burung Unta? Biasanya dalam animasi digambarkan ketika hewan ini sedang dalam posisi ketakutan, maka ia bersembunyi dengan cara memendam kepalanya ke dalam tanah? Apakah benar hal itu benar dan merupakan fakta Burung Unta?

Kenyataannya tidak. Yang digambarkan dalam film-film kartun tersebut ternyata tidak benar. Burung Unta atau dalam bahasa latinnya Struthio Camelus tidak menyembunyikan kepalanya saat ia berhadapan dengan pemangsa, seperti singa atau predator lainnya.

Burung yang tidak bisa terbang dan merupakan hewan asli benua hitam, Afrika ini ternyata memiliki banyak hal yang sangat menarik, salah satunya adalah tentang mitos memendamkan kepalanya.

Silakan lanjut bacanya untuk mengetahui fakta Burung Unta lainnya di bawah ini.

FAKTA BURUNG UNTA

1) Burung Terbesar di Dunia

Itulah fakta Burung Unta yang pertama. Dengan postur tubuh yang raksasa tidak heran tidak ada jenis burung lain yang bisa menyamainya. Tinggi dewasa bisa mencapai 2.7-3 meter dan berat 145 kilogram.

2) Hewan Darat dengan Mata Terbesar

Posturnya memang besar tetapi burung unta bukanlah hewan terbesar di dunia. Masih banyak hewan lain yang berukuran lebih besar darinya.

Tetapi, hewan ini memiliki mata yang menyandang label mata terbesar dari semua hewan di daratan. Ukuran diameter matanya mencapai 2 inci atau 5 centimeter.

3) Telur Burung Terbesar

Fakta burung unta atau dalam bahasa Inggris Ostrich lainnya masih belum lepas dari label “besar”. Sebagai burung cara berkembang biaknya tentunya dengan telur.

Anda tahu berapa ukuran telur burung unta? Diameternya mencapai 15 centimeter dan beratnya sama dengan kurang lebih 20-24 butir telur ayam atau sekitar 1.3 kilogram.

4) Burung Unta Sebesar Ayam

Tentu saja bukan saat dewasa. Ukuran ini adalah ukuran burung unta yang baru menetas dari telurnya.

5). Berotak kecil

Walau banyak rekor terbesar dipegang olehnya, tidak berarti semua bagiannya. Ada bagian dari hewan ini yang ternyata kecil. Fakta burung unta ini banyak yang tidak menyadari.

Bagian tersebut adalah bagian otaknya. Ukuran otak si Struthio Camelus ini kurang dari sendok teh dan lebih kecil dari ukuran matanya sendiri.

6) Otaknya Pernah Menjadi Santapan Kaisar

Meski kecil, tetapi otak burung unta pernah menjadi santapan kegemaran seorang kaisar. Bukan di masa sekarang, tetapi sekitar 2000 tahun yang lalu. Kaisar Romawi saat itu Heliogabalus pernah menghidangkan 600 otak burung ini di meja makannya.

7) Pemakan Segalanya

Banyak yang menduga bahwa burung ini hanya makan dedaunan dan akar-akaran, tetapi burung unta adalah pemakan segalanya.

Ia juga kerap memangsa ular kecil, kadal, belalang, bahkan tikus. Jadi, sebuah fakta bahwa burung unta adalah satwa omnivora alias pemakan segalanya.

8) Pemakan Batu/pasir

Memang pemakan segalanya, termasuk diantaranya adalah batu. Burung Unta diketahui kerap menelan batu atau pasir.

Bukan untuk mengenyangkan perut, tetapi untuk membantu pencernaan makanan dalam perutnya. Tidak berbeda dengan ayam (kerap menelan kerikil). Rata-rata batu yang ditelan burung dewasa bisa mencapai 1 kilogram.

9) Emansipasi Dalam Menjaga Telur

Telurnya yang berukuran besar merupakan incaran banyak hewan pemangsa padang rumput. Oleh karena itulah burung unta akan tetap menjaga telurnya hingga menetas.

Berbeda dengan ayam dan beberapa burung lainnya yang menyerahkannya pada sang betina, burung unta menjalankan tugas secara bergantian. Pada siang hari sang betina akan menjaga dan pada malam hari pejantan yang berjaga.

Hal ini dilakukan selama kurang lebih 42-46 hari sampai menetas.

10) Rukun Sesama (dalam hal sarang)

Sarang yang dipergunakan untuk meletakkan telur tidak hanya untuk telur dari satu betina saja. Sarang ini mampu menampung 60 telur dalam satu sarang.

Telur betina dari kelompok “pemimpin” akan mendapat tempat paling tengah dibandingkan betina lainnya.

11) Seperti Unta

Bukan dalam hal bentuk, tetapi dalam kemampuannya untuk tidak minum air cukup lama. Mereka mendapatkan pasokan air dari dedaunan yang dimakannya dan baru akan minum jika menemukan sumber air di tempat yang dilewatinya.

12)  Peka Terhadap Bahaya

Biasanya Burung Unta akan bepergian bersama satwa-satwa padang rumput lainnya, seperti zebra, gnu, dan jerapah.

Kerap kali kepekaan burung yang tidak bisa terbang ini memberikan indikasi bagi kawanan tersebut ketika pemangsa mendekat. Bila melihat atau merasakan ada bahaya burung unta akan menjerit.

13) Kecepatan Berlari Yang Luar Biasa

Burung unta tidak memendam kepalanya di tanah saat ada bahaya seperti yang digambarkan dalam film kartun. Kemampuan berlarinya mampu membuatnya terhindar dari pemangsa.

Kecepatan lari tertingginya tidak berbeda dengan di benua Australia. Seekor burung unta mampu berlari mencapai kecepatan 70 kilometer per jam.

14) Melawan Dengan Kakinya

Kakinya selain dapat membuatnya berlari cepat, juga bisa menjadi senjata yang mematikan.

Terjangan seekor burung unta mampu meremukkan tulang pemangsanya, seperti singa.

15) Bukan Memendam Kepala

Mitos burung unta memendam kepala kemungkinan datang dari kebiasaannya merebahkan lehernya yang panjang saat berada di sarangnya.

Kulit lehernya yang menyerupai pasir membuat kepalanya seperti menghilang.

16) Berjari Dua

Kebanyakan burung memiliki jari 4, tetapi tidak demikian dengan burung unta. Burung yang sebangsa dengan kiwi di Selandia Baru ini hanya memiliki 2 jari saja.

17) Berjoget Saat Musim Kawin

Pejantan akan melakukan sebuah tarian yang mirip dengan yang dilakukan penari kabaret untuk menarik betina.

Pejantan akan membungkuk dan mengepakkan sayapnya untuk menarik perhatian sang betina.

18) Pejantan Mengaum

Pejantan juga akan mengaum dan mengeluarkan suara seperti singa pada musim kawin dan dengan tujuan menarik perhatian lawan jenisnya.

19) Berumur Panjang

Fakta burung unta lainnya adalah usianya yang mirip dengan manusia. Satwa ini dapat hidup antara 50-75 tahun.

20) Cepat Besar

Seekor anak burung unta hanya perlu 1/2 tahun atau 6 bulan untuk mennyamai postur tubuh ayah dan ibunya.

21) Berpoligami

Seekor burung unta jantan dapat memiliki beberapa betina dan membentuk kelompok sendiri. Biasanya satu kelompok berjumlah sepuluh dan terdiri dari 1 pejantan dominan dan 1 betina dominan. Sisanya adalah betina.

Pada musim kawin, pejantan yang tidak memiliki kelompok akan mendekati betina dari kelompok lain.

22) Penarik Kereta

Hewan ini pada abad ke-18 pernah dipergunakan jasanya sebagai penarik kereta di Afrika Selatan.

23) Penggembala Yang Baik

Hingga saat ini di Afrika, penggunaan burung unta sebagai penggembala masih ditemukan. Mereka sering dipergunakan untuk menggembalakan biri-biri dan mengingat sifatnya yang peka terhadap bahaya hewan ini termasuk penggembala yang baik.

24) Sumber Protein

Di berbagai negara burung unta sudah diternakkan. Hewan ini dapat menyediakan daging dan telur. Selain itu bulu-bulunya pun dipergunakan sebagai bahan kerajinan dan hiasan.

Itulah berbagai fakta burung unta yang menarik. Berbadan dan bermata besar tetapi berotak kecil.

Tags: