Fakta Hewan : Apakah Semua Ikan Bertelur?

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa semua ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Tetapi, benarkah? Apakah semua ikan bertelur?

fakta hewan : apakah semua ikan bertelur?

gambar diambil dari www.pixabay.com

Fakta hewan : apakah semua ikan bertelur?

Sebagian besar jenis ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Tetapi, ada pula yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Ikan yang bertelur termasuk ke dalam jenis hewan ovipar, sementara ikan yang melahirkan termasuk vivipar.

Sebenarnya, ikan yang berkembang biak dengan cara melahirkan juga melalui proses bertelur terlebih dahulu. Kemudian, telur itu dierami dalam tubuh induknya hingga tumbuh menjadi ikan-ikan kecil. Selanjutnya, ikan-ikan kecil itu dilahirkan sudah dalam bentuk ikan.

Jumlah telur atau anak yang dihasilkan berbeda-beda antara satu ikan dengan ikan lainnya. Beberapa jenis ikan mengeluarkan telur mereka dan meninggalkannya begitu saja tanpa ada perhatian atau perawatan sama sekali. Sementara, beberapa jenis lainnya menjaga telurnya dengan baik. Biasanya, ikan yang tidak merawat telurnya bertelur dalam jumlah yang banyak. Sementara, ikan yang merawat telurnya bertelur dalam jumlah sedikit.

Telur ikan ada 2 jenis. Ada telur ikan yang mengapung di permukaan air, ada pula yang tenggelam. Telur-telur yang mengapung disebut pelagik. Sementara, telur-telur yang tenggelam disebut demersal. Umumnya, telur yang mengapung berukuran kecil, transparan, dan tidak memiliki kuning telur. Sedangkan, telur-telur yang tenggelam biasanya lebih berat dan memiliki kuning telur yang besar.

Seperti ikan hering. Ikan ini menghasilkan telur demersal dan meninggalkan telur-telurnya begitu saja tanpa perawatan dan perhatian. Dalam sekali bertelur, ikan hering akan menghasilkan sebanyak 20-40 ribu butir telur. Sedangkan, ikan kod menghasilkan telur pelagik yang jumlahnya bisa mencapai seratus juta butir dalam sekali bertelur.

Ukuran masing-masing ikan juga berbeda-beda. Telur ikan hering memiliki diameter sebesar 1 mm. Sementara, telur ikan kod memiliki diameter sekitar 1,5 mm.

Telur-telur yang dijaga dan dirawat oleh induknya memiliki peluang yang lebih besar untuk menetas dan menjadi ikan-ikan kecil yang baru. Sementara, jutaan telur yang biasanya dibiarkan atau tidak dirawat oleh induknya akan irusak oleh makhluk hidup yang lain.

Demikian sekilas penjelasan tentang apakah semua ikan bertelur? Muah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan bermanfaat.

Tags: