Fakta Hewan : Bagaimana Cara Mamalia Laut Menyusui Anaknya?

Seperti yang telah kita ketahui, hewan mamalia ada hidup yang di darat juga ada yang di laut. Yang di laut, seperti paus dan lumba-lumba. Perbedaan fisik mamalia laut dan ikan dapat dilihat dari ekornya. Mamalia laut seperti paus dan lumba-lumba memiliki ekor yang menyirip ke samping, sementara ikan yang bernapas dengan insang, ekornya menyirip ke atas. Perbedaan lainnya adalah pada pemberian susu terhadap anaknya. Mamalia laut menyusui anaknya, sedangkan ikan tidak menyusui. Lalu, bagaimana cara mamalia laut menyusui anaknya? Berikut di bawah ini sedikit penjelasan mengenainya.

fakta hewan : bagaimana cara mamalia laut menyusui anaknya?

gambar diambil dari www.pixabay.com

Fakta hewan : bagaimana cara mamalia laut menyusui anaknya?

Sempat terpikir, bagaimana cara mamalia laut menyusui anaknya? Bukankah air susu mamalia itu akan larut di dalam air? Ternyata, kenyataannya tidak seperti itu. He..he..

Setelah dilahirkan, layaknya bayi manusia, bayi mamalia laut juga akan menyusu pada induknya. Seperti, paus. Yang berbeda adalah tekniknya.

Teknik menyusui di dalam laut tentu berbeda dengan aktifitas menyusui hewan darat. Paus tidak memiliki puting susu, tetapi memiliki semacam lubang pada kelenjar susu di dekat bagian ekor. Untuk menyusu, bayi paus akan menyelipkan lidahnya di lubang kelenjar susu itu sambil merapatkan diri. Kemudian, sang induk akan menyemprotkan cairan susunya ke mulut si bayi paus yang tengah menganga lebar.

Susu paus sangat kental seperti krim, sehingga tidak mudah larut di dalam air. Kandungan lemak susu paus juga sangat tinggi, bisa mencapai hingga 50%. Lemak itu dibutuhkan untuk pertumbuhan dan membentuk lapisan lemak tebal di bawah kulit. Kegunaan lemak itu untuk menjaga suhu tubuh paus agar tetap hangat.

Lumba-lumba juga menggunakan teknik menyusui yang tak jauh berbeda dengan paus. Bayi lumba-lumba menyelipkan lidahnya ke lubang kelenjar susu induknya. Kemudian, sang induk akan menyemprotkan cairan susu kental ke dalam mulut bayinya. Bayi lumba-lumba akan menyusu dengan cepat, karena sesekali bayi lumba-lumba harus menyembul ke permukaan untuk bernapas. Cairan susu lumba-lumba juga kaya lemak sehingga bayi tumbuh dengan cepat.

Itulah sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara mamalia laut menyusui anaknya? Mudah-mudahan penjelasan singkat di atas dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: