Fakta Hewan : Bagaimana Ular Bergerak Tanpa Kaki?

Ular merupakan hewan melata. Sebagian dari kita mungkin menganggap bahwa ular tidak memiliki kaki. tetapi benarkah demikian? Lalu, jika tak memiliki kaki, bagaimana mereka bergerak ke sana kemari? Di bawah ini sedikit penjelasan tentang bagaimana ular bergerak tanpa kaki?

fakta hewan : bagaimana ular bergerak tanpa kaki?

gambar diambil dari www.pixabay.com

Fakta hewan : bagaimana ular bergerak tanpa kaki?

Dipercayai bahwa sejak zaman dahulu kala, nenek moyang ular memiliki kaki dan mereka dapat berjalan seperti hewan yang lain. Tetapi, pada saat, itu, beberapa ular suka menyembunyikan diri di dalam lubang tanah yang membuat kaki mereka tidak pernah digunakan. Lama kelamaan, pada akhirnya, ular benar-benar kehilangan kakinya.

Sejak saat itu, ular muncul kembali ke permukaan, tetapi kaki mereka telah menghilang. Saat ini, diketahui, bahwa sebagian kecil ular memiliki cakar yang sangat kecil, yang mengarah ke bagian ekor. Cakar itu dan beberapa tulang kecil di dalam tubuh ular adalah satu-satunya sisa kaki yang pernah dimiliki oleh nenek moyang mereka.

Bagaimana ular bergerak tanpa kaki?

Ular bergerak dengan cara melemparkan tubuh mereka hingga membentuk lengkung yang besar. Mereka dapat bertahan di atas tanah dengan sisik mereka yang terdapat di bagian bawah tubuhnya.

Ular bergerak dengan cara merayap. Mereka dapat berjalan karena memiliki otot-otot yang sangat lentur. Otot-otot bagian bawah tubuh ular dapat memanjang dan memendek. Ketika bagian tubuh ular memanjang dan memendek, maka bagian belakangnya akan tertarik ke depan.

Untuk dapat bergerak, ular harus melewati jalan yang kasar. Makanya, ketika ular berada di tempat yang permukaannya licin, seperti kaca, mereka akan menggeliat-geliat tanpa bisa bergerak. Ular juga tak bisa bergerak lurus, karena tubuhnya melata di tanah dan bergerak melengkung.

Ular pun ada yang dapat berenang. Mereka berenang dengan melengkungkan tubuhnya dan bergerak maju melawan air. Ular yang dapat berenang dengan baik biasanya memiliki tubuh yang panjang dan ramping. Beberapa jenis ular memiliki sisi-sisi datar sehingga seluruh tubuh mereka seperti dayung panjang yang menggerakkan mereka melalui air.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang bagaimana ular beregrak tanpa kaki? Mudah-mudahan penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: