Fakta Hewan : Fungsi Kumis Pada Kucing

Siapa tak kenal dengan hewan satu ini? Yang selalu ‘bernafsu’ mengejar tikus. 😀 Yup, kucing! Meski kucing peliharan banyak yang tidak mau makan tikus, tetapi kucing selalu tertarik untuk mengejar tikus. Mengapa? Karena mereka memiliki sifat alami yang diwariskan oleh nenek moyangnya. Seperti yang kita tahu, hewan satu ini juga terkenal dengan kumisnya, baik yang betina maupun yang jantan. Sebenarnya, apa, sih fungsi kumis pada kucing tersebut? Di bawah ini penjelasan singkat tentang fungsi kumis pada kucing.

fakta hewan : fungsi kumis pada kucing

gambar diambil dari www.pixabay.com

Fakta hewan : fungsi kumis pada kucing

Kumis pada kucing terdapat dalam jaringan yang memiliki banyak saraf. Ketika tak ada cahaya, kumis kucing dapat berfungsi sebagai untuk mengukur lebar lubang atau mendeteksi keberadaan benda di sekitarnya.

Jumlah kumis pada kucing, umumnya ada 24 lembar, yang terbagi 2 sama rata (kanan dan kiri) pada tiap sisi wajah. Kumis pada kucing juga dapat berfungsi sebagai indra perasa. Misalnya, membantu kucing untuk mengenal lingkungan di sekitar mereka. Contohnya, bila kumisnya terkena helai rumput atau pasir, maka kucing akan segera menutup matanya agar mata mereka tidak terluka.

Selain itu, kumis kucing juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah mereka dapat melewati ruangan yang sempit. Fungsi kumis pada kucing lainnya adalah dapat digunakan untuk mengetahui ke arah mana angin bertiup.

Demikianlah secara singkat penjelasan tentang fungsi kumis pada kucing. Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: