Fakta Hewan : Mengapa Gajah Takut Kepada Semut?

Masih sering bertanya-tanya mengapa gajah takut kepada semut? Tentunya ini sudah menjadi pertanyaan yang lazim. Karena, memanglah sangat aneh, bagaimana bisa mengapa sampai hewan yang bertubuh besar itu takut kepada hewan sekecil semut. Bahkan, fakta hewan tersebut muncul di permainan suit. Bukankah jempol (yang mewakili gajah) kalah bila berhadapan dengan jari kelingking (yang mewakili semut)? 😀 Tetapi, apa, sih, sebenarnya yang menyebabkan gajah takut kepada semut? Di bawah ini penjelasan singkat mengapa gajah takut kepada semut.

fakta hewan : mengapa gajah takut kepada semut?

gambar diambil dari www.pixabay.com

Fakta hewan : mengapa gajah takut kepada semut?

Memang terdengar sangat aneh ketika hewan yang bertubuh besar seperti gajah merasa takut kepada hewan sekecil semut. Bukankah jika melihat postur tubuh gajah, maka semut bukanlah lawan sebandingnya? 😀

Tetapi, kenyataannya memang seperti itu. Gajah takut kepada semut! Alasannya, seorang peneliti yang berasal dari Amerika Serikat menemukan jawabannya. Ia bersama temannya merasa penasaran ketika melihat seekor gajah lari ketakutan saat melihat semut yang berkoloni di pohon akasia. Kenapa bisa sampai gajah takut kepada semut?

Hasil penelitiannya kemudian menjawab hal itu. Ternyata, ketakutan gajah kepada semut dikarenakan belalai gajah yang sensitif, dan memiliki banyak saraf di dalamnya. Bisa dibayangkan bila hidungnya kemasukan semut-semut tersebut, kan? Bisa menyebabkan hal yang berbahaya! Oleh karena itu, gajah sangat takut jika melihat kumpulan semut.

Nah, sekarang terjawab sudah, kan? Tentunya, kita sudah tak merasa penasaran dan aneh lagi soal gajah yang merasa takut kepada semut. 😀

Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: