Fakta Hewan : Mengapa Penguin Tidak Bisa Terbang?

Kita tahu, wilayah kutub dikelilingi oleh es sehingga suhunya sangat rendah. Tetapi, ajaibnya, ada sekelompok hewan yang mampu hidup di tempat dengan cuaca yang ekstrem seperti itu. Karena cuacanya yag sangat ekstrem, tidak semua hewan yang mampu hidup di daerah kutub. Penguin merupakan salah satu hewan yang mampu hidup di sana.  Penguin merupakan sejenis burung yang hidup di air. Layaknya burung, tubuh penguin juga dilengkapi sepasang sayap. Tetapi, meski termasuk sebangsa burung, penguin tidak bisa terbang. Mengapa penguin tidak bisa terbang? Kalau begitu, apa fungsi sayap penguin? Di bawah ini sedikit penjelasan mengenainya.

fakta hewan : mengapa penguin tidak bisa terbang?

gambar diambil dari www.pixabay.com

Fakta hewan : mengapa penguin tidak bisa terbang?

Penguin tidak bisa terbang karena memiliki struktur tulang yang padat sekaligus berat. Berbeda dengan kebanyakan unggas lainnya, penguin tidak memiliki tulang yang berongga. Hal itu menjadikan penguin menjadi lebih berat dan lebih sulit mengangkat tubuh mereka sendiri untuk dapat terbang.

Kebanyakan burung terbang memiliki tulang berongga untuk membuat bobot tubuh lebih ringan sehingga menjadi lebih mudah ketika terbang. Hal itu tidak terdapat pada tubuh penguin. Selain itu, sayap mereka terlalu kecil untuk dapat mengangkat berat badan mereka yang cukup besar. Daya yang diperlukan untuk tetap melayang sebanding dengan lebar sayap. Dalam hal ini, sayap penguin berukuran sangat kecil, sementara bobot tubuh mereka sangat berat.

Untuk tetap bisa melayang di udara, penguin harus mengepakkan sayapnya sekurang-kurangnya sebanyak 35 kali per detik. Untuk melakukan hal itu, diperlukan energi yang besar, sedangkan penguin tidak memilikinya. Bahkan, penguin tidak mampu menciptakan energi yang cukup untuk memulai lepas landas memulai penerbangannya.

Tetapi, sebenarnya, penguin memang tidak membutuhkan untuk terbang. Makanan mereka tersedia di dalam air yang tidak membutuhkan penerbangan untuk mendapatkannya. Selain itu, hampir tidak ada predator di darat yang memangsa penguin, sehingga mereka tidak perlu mempertahankan hidup dengan terbang. Singkat kata, penguin tidak terbang karena mereka tidak membutuhkannya.

Fungsi sayap penguin

Meski tidak bisa terbang, tetapi penguin mahir berenang di air. Mereka terkenal sebagai burung penyelam dan perenang yang kuat. Di dalam laut, penguin dapat ‘terbang’ dengan menggunakan sayap mereka untuk mendorong di dalam air. Saat berenang, sayap pada penguin berfungsi sebagai dayung. Sementara, saat di darat, sayap dan ekor penguin berfungsi sebagai penjaga keseimbangan ketika mereka berjalan.

Demikianlah sekilas tentang alasan mengapa penguin tidak bisa terbang dan fungsi sayap penguin. Mudah-mudahan penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: