Fakta Hewan : Ternyata, Kambing Bisa Pingsan, Lho!

Pasti kenal dengan hewan satu ini. Hewan ternak berkaki empat ini memiliki tubuh berukuran sedang dan banyak dipelihara orang. Yup, kambing! 😀 Hewan satu ini banyak dipelihara untuk diambil manfaatnya, dari kulit, daging, susu, dsb. Tetapi, tahukah kalau kambing itu ternyata bisa pingsan juga, lho! 😀 Sama seperti manusia, ya? Tetapi, apa, sih, yang menyebabkan kambing bisa pingsan?

ternyata, kambing bisa pingsan, lho!

gambar diambil dari www.pixabay.com

Kambing akan pingsan ketika ia terkejut. Pada saat itu, otot-otot pada kambing akan lumpuh. Tetapi, kelumpuhan itu tidak memakan waktu lama, kira-kira selama 10 detik. Peristiwa ini disebabkan oleh kelainan genetik yang terdapat pada kambing yag disebut ‘congenita myotonia‘.

Pada saat pingsan, kambing tidak dalam kondisi merasa sakit. Meski tubuhnya lumpuh tak berdaya, ia tetap sadar. Kambing yang pingsan biasa disebut kambing gugup, kambing kaki kaku, atau kambing kaki kayu.

Nah, bagi yang suka iseng mengganggu kambing, kambingnya jangan dikagetin, ya! 😀 Meski tidak merasa sakit, tetapi kambingnya pingsan, kaku tak berdaya. Kasihan, kan? 😀

Demikianlah penjelasan singkat tentang mengapa kambing bisa pingsan. Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat memberikan manfaat. ^_^

Tags: