Fakta Menarik Jerapah : Fungsi Pola Totol Dan Kaki Jerapah

Selain tinggi dan berleher panjang, ciri khas jerapah adalah pola totol-totol besar pada tubuhnya. Tapi, ternyata, pola totol itu bukan sembarang totol biasa, lho. Pola totol-totol pada jerapah itu ada fungsinya, lho? Apa fungsinya? Di bawah ini tentang 2 fakta menarik jerapah, yaitu fungsi pola totol dan kaki jerapah.

Fakta menarik jerapah

Jerapah merupakan hewan yang hidup berkelompok. Kelompok itu terdiri dari beberapa jerapah betina dan jerapah muda, dengan satu ekor jerapah dewasa. Pola totol-totol pada tubuh jerapah berfungsi menyamarkan mereka ketika berlindung dari intaian musuh/predator. Ketika sedang bergerombol di antara pepohonan, keberadaan jerapah tidak terlalu kelihatan. Hal ini dimungkinkan karena adanya pola totol yang khas pada tubuh mereka.

Jerapah merupakan jenis binatang yang lemah lembut. Tetapi, jangan disangka, untuk mempertahankan dirinya, kaki depannya akan menendang musuhnya dengan keras. Yaitu, dengan mengangkat kaki dan telapak kakinya menghunus ke depan seperti martil yang keras. Tendangan jerapah sangatlah keras dan membekas. Bahkan, terkadang, seekor singa akan kalah dan mati hanya dengan satu tendangan jerapah. Makanya, jarang sekali kita mendapati seekor singa mengganggu kawanan jerapah.

Hal menarik lainnya tentang kaki jerapah, yaitu jika terpeleset dan jatuh ke tanah karena terkilir, maka jerapah tidak akan dapat bangun kembali. Keadaan seperti ini akan terus berlangsung sampai jerapah tersebut mati. Oleh karena itu, jarang sekali kita menemui jerapah yang duduk di atas tanah. Bahkan, saat tidur pun mereka lakukan sambil berdiri.

Itulah secara singkat tentang dua fakta menarik tentang jerapah. Dan, masih banyak hal tentang jerapah lainnya yang tak kalah menariknya. ^_^

Tags: