Fakta Tentang Burung Terkecil di Dunia : Kolibri/Hummingbird

Kolibri atau dikenal juga dengan hummingbird adalah salah satu jenis burung terkecil di dunia. Dari genus inilah salah satunya diberi predikat sebagai burung terkecil di dunia, yaitu Hummingbird Lebah yang hanya memiliki ukuran hanya 6 centimeter saja.

Ada banyak fakta menarik tentang jenis burung yang satu ini.

20 Fakta Menarik Tentang Burung Terkecil di Dunia

1) Namanya berkaitan dengan sayapnya

Hummingbird atau burung yang berdengung, adalah karena suara yang terdengar saat mereka terbang seperti dengung lebah (humming = berdengung).

2) Mengepakkan sayap 200 kali per detik

Suara tersebut dihasilkan dari kepakan sayapnya yang sangat cepat. Burung terkecil di dunia ini tercatat mengepakkan sayap sebanyak 200 kali setiap detik. Hal ini berarti dalam satu menit, seekor hummingbird mengayunkan sayapnya 12.000 kali.

3) Jantungnya berdetak 1260 kali setiap menit

Dengan kepak sayap sebanyak itu, burung ini butuh energi yang banyak dan metabolisme yang sangat cepat. Kalau tidak maka tidak akan tersedia cukup energi baginya untuk bergerak.

Kebutuhan ini didapatkan salah satunya dari jantungnya yang mampu berdetak 1260 kali setiap menit. Jumlah ini hampir 15 kali detak jantung manusia normal. Bahkan saat istirahat, detak jantungnya masih 250 kali permenit

4) Makanannya Nektar (Madu Bunga)

Berbeda dengan kebanyakan burung yang makan cacing atau hewan kecil lainnya, hummingbird seperti lebah. Mereka mengisap madu sebagai makanannya.

5) Hinggap di 1000 Bunga Setiap Hari

Kebutuhan energi yang besar untuk pergerakannya membuat burung terkecil di dunia ini termasuk rakus dalam makan.

Mereka berkunjung ke 1000 bunga setiap harinya untuk mengisap madu.

6) Tidak Bisa Mencium

Sebagai pecinta bunga, herannya burung ini tidak menemukan bunga karena mencium baunya. Hummingbird diketahui tidak memiliki indera penciuman dan tidak bisa membaui bunga yang menjadi sasarannya.

Ia melakukannya dengan cara lain.

7) Memiliki Penglihatan dan Memori Yang Kuat

Kolibri menemukan bunga memanfaatkan penglihatannya yang sangat tajam. Bahkan matanya mampu melihat spektrum cahaya dalam ultraviolet yang berarti melebihi kemampuan mata manusia atau hewan lainnya.

Matanya bisa membedakan perbedaan warna bunga yang cerah dari warna sekitarnya. Data yang kemudian disimpan dalam memori-nya yang tajam sehingga memungkinkannya kembali ke tempat yang sama beberapa kali.

8) Memanfaatkan Jaring Laba-Laba Untuk Membuat Sarang

Sarang burung terkecil di dunia ini biasanya terbuat dari dedaunan. Uniknya untuk merekatkan bahan-bahan tersebut mereka memanfaatkan jaring laba-laba sebagai lem perekat.

Hasilnya, sarang burung ini biasanya lentur dan kuat.

9) Bulunya Lebih Sedikit Dibandingkan Kebanyakan Burung

Diketahui bahwa jumlah bulu Hummingbird atau Kolibri 1000-1500 buah lebih sedikit dibandingkan kebanyakan burung di dunia.

10) Mampu Menempuh Jarak 5000 Kilometer

Seperti kebanyakan burung lain, Hummingbird juga melakukan migrasi. Hal itu disebabkan karena perubahan cuaca dan dengan tujuan mencari sumber makanannya, yaitu bunga.

Untuk itu mereka harus terbang cukup jauh mencari wilayah dimana bunga tersedia. Jarak terpanjang yang pernah tercatat dilakukan oleh beberapa spesies hummingbird adalah dari Mexico ke Kanada yang jaraknya hampir 5000 kilometer.

11) Bermigrasi Sendiri

Berbeda dengan angsa atau burung lainnya, burung ini bermigrasi tidak secara berkelompok. Setiap burung melakukannya sendiri.

Hal ini dilakukan agar mereka bisa terbang lebih cepat dan menghindari pemangsa.

12)  Dapat Hidup Selama 12 Tahun

Sejarah mencatat bahwa bahwa biasanay burung terkecil di dunia ini bisa hidup sampai 10 tahun. Tetapi, seekor Broad-Tailed Hummingbird pernah tertangkap tahun 1976 dan kemudian dilepaskan kembali di tahun 1987 yang berarti paling tidak burung tersebut sudah hidup selama 12 tahun.

13) Mampu Menukik Sangat Cepat

Salah satu spesies Hummingbird, Anna’s Hummingbird melakukan ritual unik untuk menarik pasangannya.

Ia akan terbang hingga 40-50 meter dan kemudian menukik ke bumi dalam kecepatan yang mengerikan. Burung ini mampu menukik dalam kecepatan 29 meter per detik atau hampir 1.8 kilometer per menit.

14) Bulunya Berbunyi Saat Menukik

Anna’s Hummingbird menarik calon pasangannya bukan hanya dengan tukikannya yang mengerikan, tetapi juga dari suara yang ditimbulkannya saat menukik.

15) Lidahnya Memiliki Tabung

Lidahnya bisa dikata tidak normal karena di dalamnya terdapat tabung yang dipergunakannya untuk menyalurkan madu/nektar yang dihisapnya dari bunga

16) Dapat Terbang Mundur

Burung memang bisa terbang ke arah depan, tetapi hanya satu yang memiliki persneling mundur, hummingbird lah burung tersebut.

Memang kenyataannya, jenis burung ini adalah satu-satunya yang bisa terbang mundur.

17)  Pecandu Gula

Burung ini terkenal sebagai pecandu gula yang didapatnya dari nektar yang dihisap. Metablismenya mampu mengubah 97% sukrosa menjadi energi.

Jadi, meskipun ia menghisap nektar dari 1000 bunga yang manis, tidak ada istilah diabetes dalam kamus mereka.

18) Tidak Memiliki Suara Merdu

Berbeda dengan banyak jenis burung lainnya yang memiliki suara yang enak di dengar, burung terkecil di dunia ini tidak terkenal karena memiliki suara merdu.

Beberapa jenis hummingbird mengeluarkan suara mencicit yang bagi telinga manusia tidak enak didengar.

19) Terdapat 325 Spesies Hummingbird

Di dunia, habitat burung ini hanya ditemukan di benua Amerika, terutama di Amerika Selatan. Disanalah bermukim 325 spesies Hummingbird dimana Hummingbird Lebah merupakan yang terkecil di antaranya.

20) Tidak Bisa Berjalan

Burung ini memiliki kaki yang lemah yang tidak bisa dipergunakan untuk berjalan. Hal ini diduga karena pergerakan yang dilakukannya tidak membutuhkan banyak gerakan kaki, oleh karena itu struktur dan kekuatan kakinya melemah dan tidak bisa dipergunakan sebagaimana umumnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh burung ini adalah mencari makan dari bunga ke bunga dan kemudian mencernanya. Semuanya tidak membutuhkan pergerakan kaki.

Itulah 20 fakta menarik tentang burung terkecil di dunia, Hummingbird/Kolibri.

 

 

Tags: