Fakta Tentang Koala – Bila Anda Ingin Memeliharanya

Anda pasti sudah tahu yang namanya Koala. Wajah imutnya yang mirip dengan Teddy Bear atau Beruang Teddy sedang mengantuk tidak akan pernah bisa dilupakan. Apalagi bila Anda pernah melihatnya secara langsung, bisa dipastikan ada keinginan untuk memeliharanya di rumah Anda.

Hanya sebelum Anda meminang sang duplikat Beruang Teddy ini ada baiknya Anda tahu dulu beberapa fakta tentang binatang ikon Australia ini

Fakta tentang Koala

1) Koala tidur 22 jam dalam sehari.

Uppss.. Sehari hanya 24 jam saja. Sementara seekor koala biasanya menghabiskannya hanya dengan tidur. Semua ini bukan karena ia binatang pemalas.

Metabolismenya sangat lamban sehingga pergerakannya tidak bisa terlalu cepat, Bila terlalu cepat bergerak, maka kebutuhan energinya tidak bisa dipenuhi oleh proses metabolismenya.

2) Koala jarang minum air

Tentu saja, bila ia tidur selama 22 jam sehari, maka hanya tersisa 2 jam saja untuknya beraktifitas. Waktunya untuk minum air sangat sedikit dengan kegemarannya tidur tersebut.

Meskipun demikian, bukan itu alasannya mengapa seekor koala jarang minum air. Alasannya karena makanan yang disantapnya setiap hari sudah menyediakan kandungan air yang cukup.

Pohon eukaliptus terkenal sangat rakus air. Tidak mengherankan airnya mengandung air dalam jumlah yang sangat tinggi melebihi daun dari berbagai jenis pohon lainnya.

Oleh karena eukaliptus adalah makanan utama seekor koala, maka bisa dikata, ia makan sambil minum. Selain memenuhi kebutuhan akan makanan, koala juga minum kandungan air dari daun tersebut.

3) Koala makan daun beracun

Nah lho! Memang benar. Daun eukaliptus mengandung banya jenis racun di dalamnya. Bila daun ini dimakan oleh manusia atau binatang lain maka bukan tidak mungkin menyebabkan kematian.

Mengapa koala bisa bertahan” Itu karena fungsi dari hatinya yang menetralkan racun dari daun eukaliptus tersebut.

4) Koala hanya makan daun Eukaliptus

Seekor koala tidak akan bisa hidup di lingkungan dimana tidak ada daun Eukaliptus berada. Daun ini merupakan satu-satunya jenis makanan yang ia suka. Mirip dengan Panda yang sangat menyukai rumpun bambu muda.

Oleh karena itu, habitatNYA hanya ditemukan dimana pepohonan eukaliptus berada

5) Jeritan Koala bisa terdengar sampai 1 kilometer

Pada musim kawin, seekor koala akan mencoba menarik pasangannya dengan cara berteriak. Nah, teriakan pejantan yang sedang berahi bisa terdengar hingga 1 kilometer dari posisi sang pejantan berada.

6) Koala hewan berkantung

Koala sebagai hewan marsupial/marsupalia memiliki kantung di bagian depannya. Hanya betina yang memilikinya sedang pejantan tidak memilikinya. Kantung ini dipergunakan untuk menyembunyikan anaknya yang masih kecil.

Ketika sudah agak besar, kantung tidak berguna banyak karena seekor betina akan lebih sering menggendong anaknya dipunggung seperti manusia.

Nah, bila Anda ingin memeliharanya, sepertinya tantangannya sulit. Anda harus pergi ke Australia, mengajukan izin, melewati proses yang lama.

Kalaupun Anda termasuk orang yang beruntung dan diperbolehkan memeliharanya (sangat diragukan), maka tantangan berikut bisa terlihat di atas. Indonesia bukanlah negara dimana pepohonan eukaliptus banyak ditemukan.

Jadi saya rasa, lebih baik kita biarkan koala tetap hidup di habitat asalnya. Sebagai gantinya silakan beli Teddy Bear saja. Hampir sama kok bentuknya, walau lucunya berbeda jauh dengan koala.

Tags: