Fakta Tentang Kuda Nil : Betulkah Saudara Kuda? Punya “Sekolah”?

Hippotamus dalam bahasa Inggris atau kerap juga disingkat dengan hippo adalah nama hewan yang habitatnya banyak ditemukan kawasan Sub Sahara, Afrika. Dalam bahasa Indonesia, hewan ini dikenal dengan Kuda Nil. Entah mengapa namanya demikian, apakah hal ini mencerminkan fakta tentang kuda nil memiliki hubungan kekerabatan dengan kuda?

Jika sekedar melihat namanya mungkin orang akan berpikiran demikian. Tetapim betulkah demikian?

Mungkin ada baiknya kita coba melihat fakta-fakta tentang Kuda Nil atau si Hippo di bawah ini.

Fakta Tentang Kuda Nil atau Hippo

1) Kuda Nil Bukan Saudara Dari Kuda

Hippopotamus dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Kuda Nil. Meskipun demikian sebenarnya hewan ini tidak ada kaitan keluarga sama sekali dengan kuda. Yang sama hanyanya jumlah kakinya, 4. Itu saja.

Keluarga terdekat satwa ini adalah babi, paus, dan lumba-lumba.

2) Nama Indonesia Bersumber Dari Nama Latin

Nama Indonesia untuk hewan ini diambil dari terjemahan nama latinnya Hippopotamus yang berarti “Water Horse” atau “Kuda Air”.

Karena habitatnya banyak ditemukan di sepanjang salah satu sungai terpanjang di Benua Afrika, sungai Nil, maka nama Indonesinya menjadi Kuda Nil.

3) Kuda Nil Tidak Bisa Berenang

Sebagian besar waktu hidup Kuda Nil dihabiskan di dalam air, tetapi hal itu tidak berarti hewan ini pandai berenang.

Meskipun demikian mereka dapat bergerak cepat di dalam air. Hal ini dilakukannya dengan berlari dengan menginjak dasar sungai yang tertutup oleh air. Oleh karena itu, biasanya fauna ini akan berada di area sungai yang tidak terlalu dalam.

4) Berendamnya Kuda Nil Punya Tujuan

Tidak bisa berenang tetapi hobi main air. Itu dilakukan Kuda Nil bukan untuk bersenang-senang saja. Hal itu dilakukan karena kulitnya mudah retak bila kering.

Sengatan matahari yang terik di benua hitam, Afrika akan membuat kulitnya retak-retak bila tidak dalam kondisi basah. Itulah mengapa mereka gemar berendam.

5) Tidak Berkeringat Darah

Ada mitos bahwa Kuda Nil berkeringat darah kalau kulitnya kering dan retak-retak. Sebenarnya tidak tepat karena bukan darah yang keluar.

Cairan merah yang keluar melalui pori-porinya adalah untuk melembabkan kulitnya kalau tidak sedang berendam. Hanya karena warnanya merah, maka lahirlah mitos berkeringat darah.

6) Bukan Hewan Jinak dan Pendiam

Kelihatannya memang pendiam dan tidak berbahaya, tetapi Kuda Nil sangat berbeda dengan penampilannya. Ia tidak seimut dan sependiam penampakannya.

Satwa ini termasuk salah satu hewan paling agresif. Tercatat setiap tahunnya ada 3000 kasus penyerangan yang dilakukan olehnya.

7) Memiliki Sekolah

Ya betul. Hewan ini memiliki “Sekolah”.

Kelompok Kuda Nil yang terdiri dari 20-30 ekor disebut dengan “school” dalam bahasa Inggris dan arti school adalah “SEKOLAH”.

Biasanya kelompok akan diketuai oleh jantan yang dominan.

8) Bukan Yang Tercepat Tetapi Bisa Berlari Cepat

Tidak akan bisa mengimbangi lari Cheetah, si pelari cepat. Hanya, hewan ini dapat berlari cukup cepat dan bisa melebihi kemampuan manusia pada umumnya.

Kuda Nil bisa berlari hingga 23 kilometer perjam.

9) Selalu Lapar, Terutama di Malam Hari

Seekor Kuda Nil dewasa butuh rumput sebanyak 35 kilogram setiap malam dan mereka terkadang mau berjalan sejauh 10 kilometer setiap malam untuk mencari makanan.

Selain rumput, buah-buahan adalah makanannya.

10) Jelas Bukan Pendiam

Jangan coba berdiri dalam jarak dekat dengan hewan ini. Selain berbahaya, Anda mungkin tidak akan bisa tahan mendengar suara yang keluar dari mulutnya.

Keluhan, teriakan, geraman hewan ini sama dengan suara yang diterima jika Anda berdiri dalam jarak 4.6 meter dari speaker di sebuah konser rock.

Kuping Anda bisa terasa sakit.

11) Mampu Menahan Nafas Dalam Waktu Lama

Jangan coba bersaing dengan hewan ini di dalam air. Ia mampu menahan nafas selama 3-5 menit sebelum harus memunculkan hidung ke permukaan air untuk menghirup oksigen.

12) Punya Jam Otomatis Alami

Bagaimana tidak. Kebiasaannya yang menghabiskan kebanyakan waktunya di dalam air menyebabkan mereka lebih suka tidur sambil berendam. Padahal mereka juga butuh oksigen untuk bernafas sedangkan tidak jarang hidung mereka berada di dalam air. Jadi mereka memang punya jam otomatis alami (dalam tubuhnya) untuk mengatasinya.

Sistem ini akan membuat tubuh mereka secara otomatis akan memunculkan hidungnya ke permyukaan setiap 3 menit untuk menghirup oksigen. Hal ini dilakukannya bahkan dalam keadaan tetap tertidur.

13) Punya Gigi Taring

Padahal hewan ini adalah herbivora pemakan tumbuhan dan tidak makan daging. Tetapi, pada deretan gigi di mulutnya terdapat gigi taring seperti biasa ada di hewan pemakan daging. Ukurannya pun besar.

Gigi taring ini tidak dipergunakan untuk makan, tetapi untuk berkelahi. Hewan agresif ini suka berkelahi di antara sesama saat berkelahi dan tidak jarang menewaskan salah satu petarung.

14) Membunuh Anak

Mereka tidak memakan anak mereka, makanan mereka tetap rumput dan tumbuh-tumbuhan. Hanya sifat agresifnya dan seringnya mereka berkelahi sering menimbulkan korban bukan hanya dari kuda nil yang bertarung.

Perkelahian yang dilakukannya sering tidak mengindahkan tempat. Dimanapun dilakukan, termasuk pada saat banyak anak kuda nil berada di dekatnya.

Oleh karena itu, banyak ditemukan kuda nil cilik mati akibat pertarungan antar dewasa. Hewan-hewan kecil ini sering tertindih atau tergencet para dewasa yang bertarung.

15) Anaknya Tidak Kecil juga

Kuda Nil kecil tidaklah kecil. Pada saat dilahirkan beratnya bisa sama dengan anak manusia yang sudah berusia 6-7 tahun. Beratnya bisa mencapai 23-50 kilogram.

Jelas tidak kecil.

16) Yang Dewasa Bisa Lebih Berat dari Mobil Sedan

Berapa berat sebuah mobil sedan? Toyota Altis memiliki berat kosong sekitar 1.250-1.350 kilogram saja.

Berat ini masih kalah dibandingkan seekor betina dewasa yang bobotnya bisa mencapai 1,300 kilogram atau 1,3 ton. Yang pejantan lebih berat lagi karena bobotnya bisa mencapai 4.500 kilogram.

Bayangkan bagaimana anak Kuda Nil yang tidak kecil tidak mati tergencet yang dewasa.

17) Hewan Terberat Ketiga di Dunia

Hanya ada dua hewan darat lain yang memiliki bobot lebih berat dari satwa ini, yaitu Gajah dan Badak Putih.

Tidak ada yang lain.

18)  Punya Perlengkapan Menyelam

Tidak percaya. Tidak bisa berenang, tetapi bisa menyelam. Kuda Nil memiliki keunikan dimana ada selaput yang akan menutup mata, hidung, telinga di saat mereka berada di bawah permukaan air.

Hal ini dilakukan untuk menghindari masuknya air ke dalam tubuh dan saluran pernapasan.

19) Umurnya Lumayan Panjang

Kuda Nil atau Hippo dapat hidup selama 36 tahun. Lumayan panjang.

20) Masa Kehamilan

Seekor betina akan hamil selama 8 bulan dan hanya melahirkan satu ekor setiap kelahiran. Bayi ini akan diasuhnya selama kurang lebih 18 bulan berikutnya.

Seekor Kuda Nil dianggap dewasa kalau sudah berumur 5-7 tahun.

Itulah berbagai fakta tentang Kuda Nil dan memang jelas satwa ini bukan saudara kuda dan bukan perenang.

Tags: