Ford Model T , Terpopuler Ke-Tiga Di Dunia

Ford Model T adalah sebuah type mobil yang diproduksi oleh Ford Motor Company di Amerika Serikat.

Mobil ini diproduksi antara tahun 1908 hingga tahun 1941. Sebuah rentang waktu yang cukup panjang mengingat sebuah type mobil masa kini jarang bertahan lebih dari 10 tahun saja.

Unit pertama Ford Model T keluar dari pabrik Ford di Piquette Plant, Detroit pada tanggak 27 September 1908. Unit pertama ini kemudian diikuti belasan juta unit pada tahun-tahun berikutnya.

Pada masanya Ford Model T juga dikenal sebagai sebuah mobil termurah. Harganya sedemikian rendah hingga hanya 1/3 dari harga mobil-mobil pesaingnya di masa yang sama. Hal inilah yang mendorong kepopuleran kendaraan ini dimana-mana.

Model T memiliki bentuk yang unik yang disesuaikan dengan kondisi pada masa tersebut. Rodanya dibuat ramping dan tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan mobil ini kemampuan untuk melewati jalan berlubang tinggi yang banyak ada saat itu.

Untuk menyalakan mesin mobil ini, masih diperlukan bantuan tenaga manusia untuk memutar mesinnya dengan tuas tersendiri dari bagian depan. Dalam bahasa Indonesia, cara ini disebut dengan meng-engkol. Tuas akan diputar searah jarum jam untuk menyalakan mesin.

Hal inilah yang membuat Asosiasi Dokter masa tersebut memberikan satu julukan baru terhadap satu jenis luka. Luka tersebut berupa patah tulang yang sering terjadi karena kesalahan melakukan peng-engkolan mesin Ford Model T. Mereka menamakan patah tulang ini sebagai “Patah Ford”.

Ford Model T terakhir keluar di bulan Agustus 1941. Pada saat itu jumlah unit mobil model ini yang sudah diproduksi oleh Ford Motor Company mencapai angka menakjubkan, 15 juta mobil. Sebuah angka yang sangat tinggi untuk satu jenis mobil tertentu.

Jumlah ini membuat Ford Model T sebagai mobil paling populer dimasanya dan bahkan beberapa puluh tahun setelahnya. Angka ini baru bisa dilampaui oleh jenis mobil lain pada tahun 1972. Pada saat itu VW Beetle, atau yang di Indonesia dikenal sebagai VW Kodok berhasil melampaui jumlah 15 juta unit.

Tiga puluh satu tahun adalah waktu yang lama. Hal ini menunjukkan betapa mobil yang juga berjuluk sebagai Tin Lizzie ini sangat populer. Jumlah unit yang diproduksi hanya bisa dikalahkan oleh dua merk mobil lainnya, yaitu VW Kodok dan Toyota Corolla.

Hingga saat ini belum ada lagi merk mobil lain yang mampu menandingi jumlah tersebut. Hal ini membuat Ford Model T tetap bertahan pada peringkat ke-tiga mobil terpopuler di dunia diukur dari jumlah yang diproduksi.

Tags: