Fungsi Garis Belang Hitam Putih Pada Tubuh Zebra

Kita tahu bahwa garis-garis hitam putih yang menghiasi tubuhnya merupakan ciri khas hewan satu ini. Yup, siapa lagi kalau bukan zebra? Tetapi, ternyata, garis-garis belang hitam putih itu memiliki fungsi, lho? Apa fungsinya? Di bawah ini, sekilas tentang fungsi garis belang hitam putih pada tubuh zebra.

Fungsi garis belang hitam putih pada tubuh zebra

Apa fungsi garis belang hitam putih pada zebra? Pola belang-belang hitam putih pada tubuh zebra membantu hewan ini untuk bersembunyi. Bahkan, untuk di dataran terbuka di mana kebanyakan hewan itu hidup.

Zebra biasa hidup berkelompok dan berpindah-pindah. Belang-belang itu tentu saja membantu zebra untuk berkamuflase di alam terbuka. Belang-belang pada tubuh zebra itu membuat sulit untuk membedakan satu zebra dengan yang lainnya. Dan, tentu saja akan membuat bingung para pemangsanya. Hal inilah yang membuat zebra dapat bertahan hidup. Meski sebenarnya, walau tampak memiliki belang-belang hitam putih yang sama, sebenarnya tidak ada dua zebra yang memiliki pola garis belang hitam putih yang sama persis.

Lalu, bagaimana cara induk zebra mengenali anaknya di antara zebra-zebra lainnya? Saat melahirkan, induk zebra akan terus menerus berada di dekat bayinya. Hal ini tidak hanya bertujuan untuk melindungi anaknya yang baru lahir, tetapi juga untuk mengenali serta mengingat pola garis belang hitam putih pada tubuh zebra. Dengan cara seperti itulah, induk zebra tetap mampu mengenali ankanya ketika anaknya tumbuh besar dan bergaul dengan kelompok zebra yang lainnya.

Demikianlah, secara singkat tentang fakta menarik fungsi garis belang hitam putih pada tubuh zebra. Masih banyak hal tentang zrbra yang tak kalah menarik lainnya. ^_^

Tags: