Hipotesa Kekuatan Blog Gado-Gado Ada Pada Jumlah Artikel Yang Banyak dan Bervariasi

Sebuah hipotesa saja, asumsi. Belajar dari pengalaman ngeblog dan juga berkelana kesana kemari di blogosphere (dunianya para blogger), ada  banyak data yang menunjukkan bagaimana sebuah blog gado-gado, yang temanya campur aduk bisa sukses dan terkenal.

Data itu mengatakan bahwa kekuatan blog gado-gado ada pada jumlah artikel yang banyak dan bervariasi.

Sebagai sebuah blog yang tidak memiliki topik terfokus, sangat berat bagi sebuah blog gado-gado untuk melakukan branding. Pengunjung biasanya merasa pusing begitu masuk ke blog jenis ini karena mereka masih tetap disuguhkan informasi yang belum tentu sesuai dengan minat mereka. Tidak jarang mereka akan segera menekan tombol back atau kemudian melakukan pencarian lain.

Itu resiko mengelola blog gado-gado, susah mendapatkan kepercayaan dari orang lain karena semua orang tahu bahwa tidak ada manusia yang bisa menguasai semua hal secara sekaligus. Tidak salah banget.

Itulah sebab mengapa jarang pengunjung internet yang loyal pada blog jenis ini.

Tetapi, di sisi lain banyak fakta menunjukkan bahwa ada blog gado-gado pun memiliki pengunjung yang loyal dan banyak. Padahal secara teori, hal itu hampir tidak dimungkinkan (tahu kan kenapa para blogger senior lebih suka mengelola blog niche, blog dengan tema yang sempit?).

Paradoks. Katanya tidak mungkin, tetapi kok hasilnya ada blog gado-gado yang berpengunjung banyak dan loyal pula.

Lalu apa sebabnya?

Menurut pemikiran saya, hal itu terletak pada :

  1. Jumlah artikel yang banyak
  2. Sering diupdate (sering menerbitkan artikel baru)
  3. Variasi tulisan

Teorinya memang, kalau tidak bisa menonjolkan sesuatu, maka tampilkan saja apa yang dipunyai. Siapa tahu dengan memperlihatkan semua koleksi yang ada maka orang akan tertarik pada salah satunya.

Semakin banyak semakin baik.

Mirip dengan seorang cara mendapatkan ikan dengan jala. Semakin lebar jala, semakin besar kemungkinan ikan akan terjaring.

Bukan sebuah ilmu pasti karena banyak faktor yang terlibat di dalam hal ini. Tetapi secara teori memang demikian.

Semakin banyak artikel yang diterbitkan, maka semakin banyak “keyword” atau kata kunci yang tersedia. Semakin banyak kata kunci yang tersedia pada blog tersebut (walau tidak disetting seperti itu), semakin besar pula kemungkinan ditemukan oleh orang melalui mesin pencari.

Pengunjung jadi bisa masuk darimana saja karena blog tersebut memiliki banyak pintu masuk.

Sejauh ini hipotesa itu sedikit terbukti di Pojok Menulis karena perkembanganya bisa dilihat pada statistik yang didapat setelah blog ini digenjot dengan hampir 10 artikel perhari. Jumlah pengunjungnya naik (walau tidak pesat). Silakan lihat di sini.

Masih banyak yang perlu dibuktikan dan perlu diteliti lagi, tetapi setidaknya hipotesa ini sudah menemukan sedikit titik terang.

Mudah-mudahan suatu waktu bisa dijadikan teori terpisah dan bisa diedarkan pada para blogger.

Tags: