HURUF BRAILLE : HURUF TITIK TIMBUL

Huruf Braille adalah huruf yang dibuat khusus. Huruf yang dibuat oleh Louis Braille ini, dibuat seperti titik yang timbul, dikhususkan untuk para penderita tuna netra.

Louis Braille dilahirkan di Coupvray, Perancis, pada tahun 1809. Pada awalnya, penglihatan Braille normal, tetapi akibat terkena peralatan kuda milik ayahnya, matanya menjadi buta. Saat itu, usianya baru 3 tahun. Akibat infeksi pada matanya, Braille akhirnya kehilangan penglihatan di kedua matanya.

Pada tahun 1816, Charles Barbier, seorang anggota militer Perancis berpangkat Kapten, menemukan suatu metode menulis dengan menggunakan titik dan tanda garis. Metode tersebut biasa digunakan pada peperangan di malam hari, saat berada dalam parit pertahanan.

Meskipun sesungguhnya metode penulisan temuan Charles Barbier tersebut terbilang bagus, namun sulit untuk dipelajari. Braille menganalisa kekurangan dari metode ciptaan dari Charles Barbier tersebut. Braille menemukan bahwa pada metode tersebut, belum ada tanda baca dan memerlukan beratus-ratus titik juga garis untuk membuat satu kalimat.

Pada tahun 1821, Louis Braille memperbaiki metode ini dan menulis buku tentang Metode Braille, pada tahun 1829 dan 1837.

Meski pada permulaannya terdapat halangan, Louis Braille tetap gigih dan bersemangat menyebarkan tulisan ciptannya itu. Kegigihan Braille kian bertambah saat ia menjadi guru. Huruf Braille akhirnya dapat diterima oleh khalayak ramai yang menderita tuna netra.

Melalui usaha keras Braille, beribu-ribu orang buta akhirnya dapat membaca. Louis BRaille meninggal pada tahun 1852, dalam usia 41 tahun karena penyakit tuberculois.

 

^_^

Rate this article!
Tags: