MANFAAT DAN KHASIAT JAHE (Si Rimpang Yang Multiguna)

Jahe merupakan tanaman berimpang, berbatang basah yang dapat mencapai tinggi 60 cm. Bunganya berulir. Rimpangnya bercabang liat, berserat kasar, dan rasanya pedas. Sangat dikenal sebagai bumbu masakan, tapi ternyata begitu banyak manfaat dan khasiat jahe untuk kesehatan.

Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun, banyak yang menganggap tanaman berimpang ini berasal dari Cina Selatan. Pada jaman kolonial, salah satu bumbu masakan yang berasa hangat dan pedas ini menjadi komoditas populer di Eropa.

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale, Zingiber berasal dari bahasa Sansekerta ‘singabera‘, dan bahasa Yunani ‘zingiberi‘. Kedua kata tersebut memiliki arti ‘tanduk’, karena bentuk rimpang seperti tanduk rusa. Officinale merupakan bahasa latin ‘officina‘ yang berarti digunakan dalam farmasi atau pengobatan.

Jahe merupakan satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam suku atau famili Zingiberaceae. Dalam bahasa Inggris disebut ‘ginger‘. Nama daerah untuk jahe, di antaranya: Jahe (Sunda), Jae (Jawa).

Di pasaran dikenal 3 macam jahe, yaitu jahe gajah, jahe emprit, dan jahe merah. Jahe gajah besar-besar dengan kulit berwarna krem dan rasanya tidak terlalu pedas. Jahe emprit kecil-kecil dengan warna kulit lebih cokelat dan aroma lebih tajam. Yang memiliki rimpang paling kecil, kulitnya berwarna merah, dan seratnya lebih besar dibanding jahe biasa adalah jahe merah. Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri paling tinggi dan rasa paling pedas.

Manfaat dan khasiat jahe

Selain memberi aroma pada masakan, jahe juga digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, daging sapi, atau ayam. Sebaiknya gunakan jahe yang masih segar dan aromanya lebih tajam. Jika ingin menyimpan di dalam lemari es, bungkus dengan kantong plastik agar jahe tidak kering.

Jahe juga dapat digunakan untuk garnish masakan. Caranya : kupas jahe, rendam di dalam air cuka. Jahe akan berubah warna menjadi merah muda. Iris jahe tipis-tipis, gunakan sebagai hiasan.

Kandungan kimia yang terdapat pada jahe, yaitu borneol, sineol, sitral, b-phillandren, d-camphen, damar, shogaol, dan zingeron.

Selain dipakai untuk bumbu dalam masakan, jahe juga memiliki khasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit, di antaranya :

  • daunnya bisa dijadikan sebagai obat kompres di kala demam, obat sakit kepala (pusing), dan sakit perut (dijadikan makanan).
  • rimpangnya dapat digunakan untuk obat hati (liver) yang membengkak, batuk, demam, memperkuat pencernaan makanan, obat jerawat, mengobati sakit gigi, dan mengusir gas dalam perut.
  • apabila dikonsumsi secara rutin, jahe juga dapat digunakan untuk pereda nyeri, menurunkan kolesterol, memerangi sel kanker, menangkal radikal bebas, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan.
  • selain yang disebutkan di atas, rimpang jahe juga bisa dijadikan obat gosok, untuk mengusir rasa gatal karena gigitan serangga. Dapat pula dijadikan obat bobok (obat luar) untuk luka bekas gigitan ular berbisa, dan juga rematik.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat jahe, salah satu bumbu masakan yang telah teruji secara klinis memiliki banyak guna untuk kesehatan.

 

^_^

 

Tags: