Kanguru Dapat Melompat 70 Kilometer Per Jam

Tahukah Anda ?

1. Nama Kanguru sebenarnya berarti “Aku Tidak Mengerti”. Nama ini didapat karena kesalahpahaman antara seorang pelaut Inggris yang tiba di Benua Australia di masa lalu. Ketakjubannya akan hewan berkantung ini membuatnya bertanya kepada seorang penduduk asli, bangsa Aborigin.

Ia bertanya, apa nama binatang berkantung yang suka melompat ini. Jawaban yang diterima adalah Kang-Ga-Roo. Sang pelaut menyangka itulah nama binatang keluarga marsupalia ini. Sejak itulah nama Kangaroo atau dalam bahasa Indonesia adalah Kanguru tersebut dipakai.

Padahal arti kata Kang-Ga-Roo dalam bahasa Aborigin adalah “Aku Tidak Mengerti”

2. Kanguru dapat melompat secepat mobil. Kecepatan tertinggi yang mampu dicapai oleh seekor kanguru dewasa bisa mencapai 70 kilometer perjam. Kecepatan tersebut hampir sama dengan kecepatan yang diperbolehkan di Indonesia bagi kendaraan yang melintasi jalan tol.

Hal itu terjadi karena kanguru memiliki kaki belakang yang berotot.

3. Kanguru tidak semuanya memiliki kantung di depannya. Hanya, betina yang memilikinya. Kantung ini berguna untuk membawa anak yang masih kecil kemanapun sang induk pergi.

Biasanya sang anak akan berada di dalam kantung selama paling tidak 6 bulan sampai 1 tahun. Pada saat sang anak dianggap dewasa dan mampu bertahan hidup sendiri, anak tersebut akan dilepaskan dari kantungnya.

4. Kanguru hidup berkelompok. Ia jarang ditemukan sendiri.

 

Tags: