Kapan Saat Yang Tepat Mengganti Smartphone (Ponsel)?

Godaan selalu ada, setiap hari dan bahkan setiap jam. Maksudnya godaan untuk mengganti smartphone (ponsel) hadir setiap saat pada masa sekarang ini.

Iklan-iklan produk ponsel pintar ini bertebaran, baik di dunia nyata atau dunia maya. Dalam bentuk billboard raksasa, iklan televisi, hingga iklan di layar komputer. Berbagai diskon ditawarkan dan tidak beda dengan berbagai kemudahan dalam bentuk cicilan juga disediakan.

Terus terang, sulit untuk tidak ngiler melihat berbagai smartphone canggih dengan berbagai fiturnya. Teknologi memang mengundang rasa “lapar”, tidak beda dengan makanan di resto.

Tetapi, sayangnya tergoda oleh iklan-iklan tersebut tidak akan berakibat baik. Paling tidak untuk dompet dan kantung kita. Smartphone bukanlah benda yang murah, apalagi kalau harus mengikuti tren yang sedang ada. Bisa dipastikan dompet akan merana kalau diikuti.

Untuk menghindari jebolnya dompet inilah, seharusnya kita waspada dan bisa menentukan waktu yang tepat mengganti smartphone lama dengan yang baru.

Kapan saat yang tepat untuk mengganti smartphone?

1) Rusak

Smartphone atau ponsel, bisa dikata sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Komunikasi adalah bagian yang penting bagi kehidupan manusia di zaman sekarang. Ketiadaannya bisa berarti hilangnya kesempatan bisnis atau yang lainnya.

Jadi, mau tidak mau, saat smartphone lama sudah rusak, ya harus diganti.

2) Hilang

Belum rusak sih, tetapi hilang. Sama saja. Tetap saja kita akan menghadapi kendala dalam berkomunikasi.

Harus segera ditemukan penggantinya agar mempermudah kehidupan kita.

3) Sudah Tidak Bisa Memenuhi Kebutuhan

Bukan berarti sembarang kebutuhan seperti yang biasa timbul, seperti “Ahh sudah lemot (lamban) banget, jadi harus diganti”. Yang seperti ini bukanlah “kebutuhan” tetapi keinginan.

Contoh kebutuhan seperti customer atau pelanggan Anda memakai Whatsapp, sementara smartphone yang kita miliki tidak memiliki dan tidak bisa dipasangi aplikasi chatting.

Otomatis, pelanggan Anda akan sedikit menemui kesulitan menghubungi Anda. kalaupun bisa harus memakai pulsa untuk menelpon atau mengirim SMS (Short Messaging Service).

Itu kebutuhan.

Bisa juga seperti, tidak ada internet dimana Anda tinggal, sedangkan Anda butuh untuk pekerjaan. Sementara ponsel yang Anda miliki tidak bisa dipergunakan untuk “tethering”. Lagi-lagi, pekerjaan atau tugas akan terhambat.

Saat itu sangat tepat untuk mengganti ponsel atau smartphone Anda dengan yang bisa dipergunakan sebagai modem.

Smartphone bukanlah barang kebutuhan mutlak. Intinya adalah untuk komunikasi dan mempermudah kehidupan manusia. Selama ponsel atau smartphone yang ada masih bisa memenuhi kebutuhan kita, tidak ada alasan yang tepat untuk menggantinya.

Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk mengganti smartphone Anda dan jangan terbawa godaan karena bisa berakibat menangisnya dompet kita.

Tags: