Kiat Sederhana Berbelanja Menyambut Lebaran Di Bulan Ramadhan

Berbelanja di bulan Ramadhan selalu lain dari hari biasa. Jumlah pedagang yang bertambah banyak, juga kebutuhan akan barang konsumsi yang meningkat dibanding hari-hari biasanya. Tak jarang, pengeluaran di bulan Ramadhan juga lebih banyak dibanding hari-hari lain, baik itu dari segi keuangan maupun tenaga. Tetapi, sebenarnya, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk menyiasati ketika berbelanja di bulan Ramadhan. Terutama ketika kita berbelanja kebutuhan untuk menyambut hari raya. Tujuannya, agar acara berbelanja kita sesuai dengan yang telah direncanakan. Berikut di bawah ini sedikit kiat sederhana berbelanja menyambut lebaran di bulan Ramadhan.

kiat sederhana berbelanja menyambut lebaran di bulan ramadhan

gambar diambil dari www.pixabay.com

Kiat sederhana berbelanja menyambut Lebaran di bulan Ramadhan

Bukanlah suatu hal yang baru, ketika berbelanja untuk menyambut lebaran, kita akan menjumpai hal-hal yang berbeda dari hari biasa. Seperti, harga-harga yang melambung tinggi, kemacetan di jalan, antrian yang sangat panjang, dan bahkan terkadang kita membeli barang di luar rencana.

Bertemu dengan kondisi semacam itu tentunya selain dapat melebihi anggaran, tentu saja, juga membutuhkan tenaga ekstra. Apalagi, saat itu, kita dalam keadaan berpuasa. Untuk itu, ada beberapa cara untuk menyiasatinya. Antara lain :

  • Sebaiknya membuat daftar belanjaan yang akan dibeli. Gunanya, agar apa yang akan dibeli sesuai dengan daftar dan anggaran yang telah disediakan. Juga, hemat waktu. Terlebih jika kita berbelanja di pasar swalayan. Banyak tawaran potongan harga yang sangat menggoda. Dan, biasanya, kita akan mudah tergoda dengan tawaran potongan harga tersebut sehingga membeli barang yang tidak sesuai dengan rencana. 😀
  • Berbelanja kebutuhan untuk menyambut lebaran sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Mengapa? Karena, ketika mendekati hari raya, harga-harga akan melonjak tinggi. Terkadang, bisa mencapai 2 sampai 3 kali lipat. Jika berbelanja jauh-jauh hari, kita masih dapat menawar karena para pedagang belum berani untuk menaikkan harga. Jika berbelanja di pasar swalayan, kita juga belum sampai terjebak oleh panjangnya antrian, yang terkadang sampai mengular.
  • Waktu berbelanja sebaiknya juga diperhatikan. Lebih baik berbelanja pada pagi sampai siang hari sehingga kita dapat menghindari kepadatan juga kemacetan. Karena, biasanya, ketika menjelang sore, baik jalan-jalan maupun pusat perbelajaan akan semakin padat.
  • Teliti ketika berbelanja. Terlebih ketika berbelanja untuk menyambut hari raya. Terkadang, pada saat itu, kita berbelanja seperti terburu-buru. Apalagi, biasanya juga, barang yang akan kita beli jumlahnya tergolong banyak. Maka, telitilah agar kita tidak akan kecewa ketika memeriksa belanjaan sesampainya di rumah.

Demikianlah kiat sederhana berbelanja menyambut Lebaran di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan, penjelasan singkat di atas dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: