Kiat Menjadikan Kucing Sebagai Sahabat Kita

Siapa yang tak suka dengan hewan imut satu ini? Hewan yang terkenal manja dan memiliki empati kepada empunya ini memang sangat menggemaskan. Makanya, tak heran jika banyak orang kepincut hatinya dan kemudian memeliharanya. Yup, kucing! Kucing merupakan hewan peliharaan terpopuler di dunia.

Kucing telah  menjadi hewan peliharaan sejak jaman dahulu kala. Dulu, kucing dipelihara dengan tujuan untuk mengusir tikus atau hewan pengerat lainnya dari lumbung yang menyimpan hasil panen. Tetapi, saat ini, kucing dipelihara semata-mata hanya sebagai hewan kesayangan. Lalu, bagaimana agar si manis manja ini dapat dijadikan peliharaan sekaligus sahabat yang baik untuk kita? Di bawah ini beberapa kiat untuk menjadikan kucing sebagai sahabat kita.

kiat menjadikan kucing sebagai sahabat kita

gambar diambil dari www.pixabay.com

Kiat menjadikan kucing sebagai sahabat kita

Jujur saja, dulu, saya takut dengan binatang satu ini. 😀 Jangankan untuk memelihara, untuk menyentuhnya pun saya tidak berani. Tetapi, saat ini, bisa dibilang, saya jadi kepincut sama hewan satu ini. Lalu, bagaimana tips-nya agar si meong ini bisa menjadi peliharaan juga teman yang baik bagi kita?

  1. berikan makanan yang sehat.
    • seperti layaknya manusia, kucing pun membutuhkan makanan yang sehat. Oleh karena itu, sebaiknya beri makanan yang matang agar kucing kesayangan terhindar dari infeksi bakteri, cacing, dan mikroba penyebab penyakit. Sesekali, berilah makanan di dalam kemasan supaya kucing tidak menjadi bosan dan lebih lengkap kebutuhan gizinya.
  2. beri makan secara teratur
    • buatlah jadwal makan setiap harinya, misalnya 1 hari 3x. Memberi makan secara teratur adalah salah satu cara untuk mengajarkan kucing berdisiplin. Selain itu, dengan memberi makan secara teratur juga dapat membuat kucing merasa bahwa kita menyayangi mereka.
  3. sediakan air minum bersih
    • kucing suka mencari air minum di wc, kamar mandi, atau bahkan saluran pembuangan air. Maka dari itu, sediakan mereka air untuk minum di tempat khusus. Sebaiknya, air yang disediakan adalah air matang agar lebih segar dan sehat.
  4. mandikan secara rutin
    • meski kucing dapat mandi sendiri, tetapi, untuk menjaga kebersihannya, tidak ada salahnya jika kita memandikannya setiap 1 minggu sekali, atau 2 minggu sekali, atau bahkan sebulan sekali. Usahakan menggunakan air hangat dan sampo khusus kucing ketika kita memandikannya.
  5. sediakan toilet
    • kucing suka membuang kotorannya di tempat-tempat memnyempil dan tersembunyi. Jika sekali ia membuang kotorannya di suatu tempat, maka tempat itu akan mereka jadikan tempat rutin untuk pembuangan kotorannya. Oleh karena itu, sediakan wadah berpasir untuk mereka membuang kotoran. Ajari kucing untuk terbiasa membuang kotoran di tempat yang telah disediakan.
  6. sesekali diberi vitamin dan imunisasi.
    • jika mau dan bisa, sebaiknya hal ini dikonsultasikan dengan dokter hewan.
  7. sediakan tempat tidur
    • berikan kandang atau kotak khusus untuk tempat tidur kucing. Letakkan tempat tidur itu di sudut dapur atau gudang atau di tempat khusus.

Yup, demikianlah secara singkat tentang kiat menjadikan kucing sebagai sahabat kita. Kiat ini tak hanya berlaku untuk kucing ras, tetapi juga untuk kucing keturunan campuran, seperti liar atau kucing kampung yang kita pelihara. Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: