Kisah Unik Ponsel Pertama di Dunia

Ada kisah unik di belakang lahirnya ponsel pertama di dunia. Kisah yang lucu tetapi mencerminkan bahwa dunia telekomunikasi pun sudah sangat kompetitif pada saat ponsel ditemukan.

Seorang pria bernama Martin Cooper, seorang staff Motorola, produsen ponsel asal Amerika Serikat, pada tahun 1973 melakukan sebuah panggilan telpon saat berada di jalanan kota New York.

Ia menelpon seorang bernama Joe Engel yang bekerja pada perusahaan telekomunikasi saingan Motorola, AT & T (American Telephone & Telegraph). Pada saat itu AT&T adalah sebuah perusahaan telekomunikasi besar dan berkuasa di negara Paman Sam sedangkan Motorola lebih kecil.

Yang dikatakan Martin Cooper kepada saingannya, Joe Engel adalah :

” Saya menelpon dari cellphone, benar-benar telepon genggam, dan bisa dibawa kemana-mana”

Singkat tetapi membuat Joe Engel dan koleganya terdiam. Pada saat itu melakukan panggilan via telpon genggam belum pernah dilakukan. Panggilan telpon di jalanan biasanya dilakukan melalui telpon umum.

Telpon yang dipergunakan oleh Martin Cooper adalah prototipe DynaTAC. Belum benar-benar umum dan masih pada tahap pengemmbangan.

Prototipe inilah yang 10 tahun kemudian menjadi ponsel pertama di dunia yang dijual secara komersial. Pada tahun 1984 DynaTAC resmi diluncurkan dan dijual kepada umum dengan harga US$ 3,995.- per buah (kalau dengan nilai saat ini hampir mendekati US$ 9.000.-).

Mahal sekali. Juga, jangan dibayangkan bentuknya seperti smartphone di masa kini. Fiturnya pun masih sebatas untuk menelpon saja. Foto dari wikimedia di atas menunjukkan DynaTAC itu seperti apa.

Tidak mewah, tetapi pada saat itu, teknologi komunikasi mulai melangkah memasuki era baru.

Rate this article!
Tags: