Cara Sederhana Mencari Hasil Kuadrat Bilangan Dua Angka Yang Berawal Dengan Angka 5

Bagaimana mendapatkan hasil kuadrat bilangan dua angka yang berawal dengan angka 5 dengan cara sederhana?Ternyata, ada caranya, lho! Cara yang mudah dan sederhana. Cara ini juga dapat melatih untuk membiasakan diri berhitung tanpa menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya. Cukup dengan berhitung di luar kepala tetapi dapat memperoleh hasil dengan cepat. Tak kalah jika menggunakan alat hitung. 😀 Bagaimana, sih, jurus yang dimaksud? Di bawah ini langkah-langkah cara sederhana mencari hasil kuadrat bilangan dua angka yang berawal dengan angka 5.

cara sederhana mencari hasil kuadrat dua angka yang berawal dengan angka 5

gambar diambil dari www.pixabay.com

Cara sederhana mencari hasil kuadrat bilangan dua angka yang berawal dengan angka 5

Cara ini digunakan untuk menguadratkan bilangan yang berawal dengan angka 5, seperti 58, 55, 52, dsb. Untuk memperoleh hasilnya, bayangkan jawaban terbagi menjadi 2 bagian. Bagian kiri dan bagian kanan. Untuk memperoleh jawaban di bagian kiri, tambahkan bilangan satuan dengan 25. Selanjutnya, untuk memperoleh jawaban di bagian kanan, kuadratkan bilangan satuannya. Kemudian, gabungkan jawaban di sebelah kiri dengan bagian kanan. Catatan : ketika menguadratkan 1, 2, dan 3 tulislah hasilnya dengan 01, 04, dan 09. Masih bingung? Yuk, kita coba saja langsung cara sederhana ini untuk menyelesaikan beberapa contoh soal berikut.

Soal :

Hari ini peringatan hari ulang tahun pernikahan ke 52 kakek dan nenek. Karena 52 tahun merupakan waktu yang cukup lama, terbayanglah berapa bulan, minggu, dan hari yang telah mereka lewati bersama-sama. Lalu, timbul pertanyaan dalam hati, berapa minggu kah yang telah kakek dan nenek lewati selama 52 tahun itu?

penyelesaian :

1 tahun terdiri dari 52 minggu

52 tahun berarti 52 minggu dikali 52 tahun

52 x 52 ( 52²)

  • tambahkan bilangan satuannya (2) dengan 25 ===============> 25 + 2 = 27 (jawaban bagian kiri)
  • kuadratkan bilangan satuannya (2) ===================> 2² = 2 x 2 = 04 (jawaban bagian kanan)
  • gabungkan jawaban bagian kiri dan bagian kanan =========> 2704

jawab : 2.704 minggu

Bagaimana? cara yang sederhana dan mudah, bukan? Yuk, kita coba dengan contoh soal lainnya.

Soal :

59 x 59 ( 59²) penyelesaian :

  • tambahkan bilangan satuannya (9) dengan 25 ========>25 + 9 = 34 (jawaban bagian kiri)
  • kuadratkan bilangan satuannya (9) =========> 9² = 9 x 9 = 81 (jawaban bagian kanan)
  • gabungkan jawaban bagian kiri dan bagian kanan =========> 3481

jawab : 3.481

Bagaimana? Memang benar cara yang mudah dan sederhana, kan? Yang harus diingat, kita harus menjumlahkan bilangan satuan dengan angka 25. Mengapa? Karena, semua bilangan puluhan pada hitungan ini adalah 5, dan 5² adalah 5 x 5 = 25.

Demikian sekilas tentang cara sederhana mencari hasil kuadrat bilangan dua angka yang berawal dengan angka 5. Mudah-mudahan dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: