Benarkah Kura-Kura Bisa Mendengar Meski Tidak Memiliki Telinga?

Tentunya, kita semua tahu bahwa telinga merupakan alat untuk mendengar. Tanpa telinga, rasanya mustahil kita dapat mengetahui suara-suara yang ada di alam semesta ini. Tetapi, ternyata, ada lho, hewan yang tak memiliki telinga tetapi bisa mendengar. Hewan apakah itu? Kura-kura! Benarkah kura-kura bisa mendengar meski tidak memiliki telinga? Berikut di bawah ini penjelasan singkatnya.

benarkah kura-kura bisa mendengar meski tidak memiliki telinga?

gambar diambil dari www.pixabay.com

Benarkah kura-kura bisa mendengar meski tidak memiliki telinga?

Kita sering menganggap bahwa kura-kura tidak bisa mendengar/tuli karena tidak terlihat telinga di kepalanya. Tetapi, sebenarnya, kura-kura bisa mendengar dan membedakan suara, lho! Koq, bisa demikian? Karena, pada kura-kura terdapat saraf pendengaran serta pusat otak yang diperlukan untuk merasakan dan menguraikan getaran.

Meski kura-kura tidak memiliki telinga (untuk mengumpulkan gelombang suara sehingga dapat terdengar lebih jelas), tetapi kura-kura mampu mendeteksi frekuensi rendah dari suara dan getaran penginderaan. Hal ini terjadi baik saat kura-kura sedang berada di air atau berada di darat.

Demikianlah penjelasan secara singkat tentang kura-kura yang bisa mendengar meski tidak memiliki telinga. Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: