5 Kutipan dari Adolf Hitler : Tidak Semuanya Buruk!

Untuk apa mengetahui kutipan dari Adolf Hitler, si pemimpin Nazi Jerman? Bukankah ia adalah orang yang membantai jutaan orang Yahudi dan kemudian memicu Perang Dunia II yang menewaskan dan menyengsarakan jutaan manusia?

Yap. Betul sekali. Sejarah mencatat peran der Fuehrer (Sang Pemimpin) Jerman antara tahun 1934 dan 1945 memang sebagai orang yang bertanggungjawab terhadap berkobarnya perang di Eropa. Sebuah perang yang menimbulkan kesengsaraan dan hilangnya jutaan jiwa.

Tetapi, bagaimanapun, sebuah intan meski keluar dari mulut anjing sekalipun tetap saja intan. Maksudnya, perkataan yang benar meskipun keluar dari orang yang jahat sekalipun tetaplah benar dan tidak akan berubah menjadi jahat.

Ternyata banyak perkataan yang diucapkan pria berkumis seperti Charlie Chaplin ini yang bisa menjadi inspirasi kita. Coba lihat di bawah ini.

1) It is always more difficult to fight against faith than against knowledge

(Selalu lebih sulit untuk bertarung melawan keyakinan dibandingkan pengetahuan).

Bukankah memang demikian adanya. Mereka yang berpengetahuan akan cenderung berpikir dahulu sebelum bertindak, tetapi mereka yang “berkeyakinan” entah salah atau benar akan bertindak dulu, bahkan sering tanpa berpikir.

2) If you tell a big enough lie and tell it frequently enough, it will be believed.

(Jika kau menceritakan kebohongan yang cukup besar dan kemudian terus menerus mengatakannya, pada akhirnya kebohongan itu akan dipercaya)
Sesuai sekali dengan situasi di masa sekarang dimana hoax (berita bohong) terus beredar dan dishare tanpa melakukan cross check. Hasilnya, banyak orang percaya pada hoax tersebut.

3) I believe today that my conduct is in accordance with the will of the Almighty Creator.

(Saya yakin hari ini bahwa apa yang saya lakukan sesuai dengan kemauan Pencipta Yang Maha Kuasa)

Bukankah kalau dalam segi keyakinan apapun, memang apa yang kita lakukan di dunia ini adalah atas kehendak Allah, Sang Pencipta?

4) How fortunate for governments that the people they administer don’t think.

(Betapa beruntung pemerintah-pemerintah yang rakyatnya tidak berpikir)
Sama sekali tidak salah. Rakyat yang tidak mau berpikir dan bersikap kritis, otomatis akan mematuhi apa saja yang dikatakan oleh pemimpinnya.
Mau benar atau salah, mereka akan mengikuti walaupun akan berdampak buruk bagi mereka.Bagai kerbau dicucuk hidungnya.

5) Strength lies not in defence but in attack.

(Kekuatan terletak bukan pada pertahanan tetapi pada penyerangan)
Bahasa Indonesianya, pertahanan terbaik adalah menyerang. Dengan menyerang lawan maka lawan tidak akan bisa menyerang kita.
Kutipan adalah hanya kata-kata sifatnya netral dan bagaimana cara orang memandangnya akan tergantung pada masing-masing individu. Hitler memang kejam, sejarah dunia mencatatnya, tetapi kata-katanya tidak mewakili orangnya. Orang boleh menginterpretasikan menurut sudut pandangnya sendiri.
Silakan ambil sisi baik dari kutipan Adolf Hitler ini dan jangan tiru sisi buruknya.
Tags: