Lima (5) Macam Jus Untuk Mengatasi Dan Mencegah Influenza

Influenza lebih dikenal dengan sebutan flu. Gejala awal dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala berat, batuk, lemas, dan rasa tidak nyaman. Influenza merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus.

Orang yang menderita influenza disarankan untuk banyak beristirahat, meminum banyak cairan, menghindari penggunaan alkohol dan rokok, dan apabila diperlukan mengosumsi obat untuk meredakan gejala demam dan nyeri otot yang berhubungan dengan flu. Tetapi, selain dengan mengonsumsi obat kimia, dapat juga dengan cara mengonsumsi beberapa macam jus yang terbukti efektif menyembuhkan dan aman untuk digunakan.

Lima (5) macam jus untuk mengatasi dan mencegah influenza

Influenza dapat hilang dengan sendirinya tanpa perlu penanganan medis. Tetapi, jika merasa tidak tahan dan tak mau mengonsumsi obat kimia saat didera penyakit ini, mengonsumsi 5 (lima) macam jus untuk mengatasi dan mencegah influenza ini merupakan salah satu cara alternatif yang sangat efektif dan membantu. Adapun bahan dan cara pemakaian kelima jus tersebut, sebagai berikut :

  • 1. Jus Wortel

Bahan :
200 gram wortel
200 gram jeruk manis, peras, ambil airnya
2 sdm air jeruk lemon
air matang secukupnya

Cara membuat :
blender wortel, air jeruk manis, dan air jeruk lemon sampai lembut. Jika terlalu kental, dapat ditambahkan air matang secukupnya. Tuang ke dalam gelas saji, jus siap dikonsumsi.

  • 2. Jus pir stroberi

Bahan :
50 gram pir
100 gram stroberi
2 sdm gula pasir
250 ml air matang, atau sesuai kebutuhan
es batu, jika suka

Cara membuat :
blender pir, stroberi, gula pasir, dan air matang secukupnya sampai halus. Tambahkan es batu jika suka. Tuang ke dalam gelas saji, jus siap dikonsumsi.

  • 3. Jus asam jawa

Bahan :
100 gram asam jawa tanpa biji
2 sdm gula merah
500 ml air
es batu, jika suka

Cara membuat :

masukkan asam jawa, gula merah, dan air ke dalam panci, rebus sampai mendidih. Saring. Dinginkan. Tuang air rebusan asam dan gula merah ke dalam gelas saji. Tambahkan es batu jika suka. Siap dinikmati.

4. Jus Pandan Madu

Bahan :
100 gram daun pandan wangi
5 sdm madu
300 ml air matang
es batu, jika suka

Cara membuat :

blender daun pandan dan air matang sampai halus. Saring. Tuang jus daun pandan ke dalam gelas. Tambahkan madu, aduk rata. Sajikan dengan menambahkan es batu, jika suka.

5. Jus melon pandan wangi

Bahan :
100 gram melon hijau
50 gram daun pandan wangi
2 sdm madu
250 ml air matang
es batu, jika suka

Cara membuat :
blender semua bahan sampai halus. Saring. Tuang ke dalam gelas saji. Tambahkan es batu, jika suka. Sajikan.

Tags: