Manfaat dan Keuntungan Internet Banking Bagi Nasabah

Pernahkah Anda menyadari bahwa pada masa sekarang ini, hampir semua bank gencar sekali mempromosikan penggunaan internet banking kepada para nasabahnya? Tentunya, banyak orang berpendapat bahwa hal itu dilakukan sekedar untuk menghemat biaya operasional mereka saja. Tetapi, sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Banyak manfaat dan keuntungan internet banking yang didapat oleh para nasabahnya.

Perhatikan saja beberapa hal di bawah ini :

Menghemat Waktu

Bayangkan jika Anda seorang wirausaha yang sedang sibuk sekali dengan berbagai urusan dan mungkin sedang melakukan bisnis trip keluar negeri. Kemudian, karena satu dan lain hal, Anda harus melakukan pembayaran untuk pemesanan barang atau saham yang dibeli.

Tentunya, jika harus menunggu urusan selesai atau kepulangan dari luar negeri, bisa jadi hal itu akan menghambat sekali. Hal itu bisa dipermudah dengan melakukan transaksi melalui internet saja.

Semua bisa selesai hanya dalam waktu sekejap, dan bahkan bisa tanpa mengganggu urusan yang sedang dikerjakan atau perjalanan bisnis Anda.

Keamanan

Hal lain yang juga merupakan salah satu manfaat dan keuntungan Internet Banking yang paling penting adalah KEAMANAN.

Coba saja, jika Anda sedang membeli tanah seharga 500 juta rupiah. Kemudian, pembayaran harus dilakukan secara tunai. Bisa dipastikan Anda harus membawa banyak sekali tumpukan uang di dalam tas Anda.

Kondisi tersebut tentunya akan mengundang dan memberi kesempatan untuk terjadinya kejahatan. Mereka-mereka yang berniat tidak baik tentunya akan melihat peluang untuk melakukan aksinya.

Jika melalui internet banking, cukup dengan duduk di tempat dan mengakses situs bank, jumlah yang sama bisa dengan segera berpindah tangan. Tanpa harus membahayakan diri sendiri.

Praktis

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM sebenarnya cukup praktis. Tetapi, sayangnya terdapat batasan dari transaksi yang bisa dilakukan lewat mesin ini.

Coba saja Anda harus mentransfer uang sebesar 100 juta rupiah, maka mau tidak mau Anda harus berjalan kaki ke ATM terdekat paling tidak 5-10 kali tergantung batasan maksimum transaksi yang diperkenankan.

Dengan melakukan transfer via internet banking, hal itu bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan. Batasan transaksi maksimum perhari via internet banking lebih besar dan bisa tak terbatas dan hal ini jelas sangat praktis, apalagi jika dibandingkan harus bolak balik ke ATM.

Bisa Dilakukan Dimana Saja

Ya, betul sekali. Selama ada jaringan internet, baik statis ataupun mobile, semua jenis internet banking bisa dilakukan. Jika ditambah dengan semakin umumnya smartphone atau gadget lainnya, dan aplikasi internet banking yang juga semakin marak, hampir semua transaksi bisa dilakukan dimanapun Anda berada.

Mau sedang berada di dalam bus kota ataupun sedang berarung jeram di sungai, transaksi tetap bisa dilakukan, selama ada koneksi internet.

Itulah contoh-contoh dari manfaat dan keuntungan internet banking bagi nasabah bank. Jadi bank menyediakan fasilitas itu bukan sekedar hanya ingin menghemat atau mempermudah dirinya sendiri, tetapi juga merupakan salah satu bentuk pelayanan bagi para nasabah mereka.

Cobalah sendiri. Tidak susah kok!

Tags: