Manfaat Dan Khasiat Adas Di Dalam Pengobatan Tradisional

Adas merupakan tumbuhan bergetah dengan tinggi sekitar satu setengah meter. Termasuk suku atau famili Umbelliferae atau Apiaceae.Bentuk buah adas mirip jintan, sebesar bulir padi. Memiliki rasa manis, pedas, beraroma khas, dan bersifat menghangatkan.  Manfaat dan Khasiat adas di dalam dunia pengobatan ternyata cukup banyak. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Foeniculum vulgare ini berasal dari Laut Merah Timur (Italia ke timur hingga Suriah).

Nama daerah untuk adas :

Minangkabau : adas manis
Jawa : adas
Aceh : das pedas
Madura : adhas
Sunda : hades
Bugis : adase
Makasar : rempuse
Manado : popaas
Gorntalo: denggu-denggu
Bali : adas
Sumbawa : wala wungu
Sangir Talaud : kumpasi

Meski berbentuk sangat kecil, ternyata adas memiliki kandungan kimia, di antaranya : minyak atsiri, anethol, fanchom, metil chavicol, dan anis keton. Selain itu, adas juga mengandung senyawa kimia, seperti kamfena, limonena, 1.8 sineol, arginin, β-sitosterol, dianethole, rutin, dan stigmasterol.

Manfaat dan Khasiat Adas

Di dalam dunia kesehatan, adas sangat berguna untuk menambah daya tahan tubuh, anastesi, merangsang keringat, penguat hepar, perangsang saraf pusat, serta memperlambat penuaan. Adas juga sering digunakan sebagai pengharum rasa obat dan pengawet alami bahan makanan tanpa efek samping.

Bagian dari tumbuhan adas yang bisa digunakan untuk pengobatan, yaitu batang, akar, dan buahnya. Bagian-bagian itu biasanya gunakan untuk pengobatan penyakit serta bahan campuran obat, supaya khasiatnya lebih lengkap. Minyak adas yang terkandung di dalam bijinya menjadi salah satu komponen minyak telon.

Adas dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit, di antaranya, untuk obat batuk, flu, demam, diare, sakit perut, peluruh air seni, batu empedu, pencegahan terhadap tumor dan kanker, serta sariawan.

  • Untuk penyakit batu empedu :
    cuci 5 gram buah adas kering, seduh dengan 1 gelas air, lalu dinginkan. Diminum 1 geas setiap hari.
  • Untuk pencegahan terhadap tumor dan kanker :
    cuci bersih 5 gram buah adas, 100 gram alang-alang, 1-2 batang benalu teh. Campur dengan 2 gelas air. Rebus semuanya sampai tersisa 1 gelas, lalu dinginkan. Saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.
  • Untuk sariawan :
    cuci bersih 15 gram adas dan 15 gram kulit kayu manis yang telah ditumbuk halus. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air. Masukkan ke dalamnya 10 gram kunyit yang telah diiris tipis-tipis sampai tersisa 2 gelas. Dinginkan. Minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas. Lakukan secara rutin selama 7 hari.

 

*> catatan :

Dalam kondisi tertentu, tumbuhan obat menyebabkan efek samping. Oleh karena itu, pengobatan dilakukan dengan jumlah yang sesuai dan sebaiknya tumbuhan obat tidak dikonsumsi secara berlebihan. Tumbuhan obat harus dalam keadaan bersih dan steril sebelum digunakan. Tumbuhan segar maupun kering, harus dicuci terlebih dahulu. Perebusan tumbuhan obat sebaiknya dilakukan di atas api kecil.

Tags: