Bawang Putih : Manfaat Dan Khasiatnya

Bawang putih merupakan tumbuhan berumpun yang bersiung-siung kecil, setiap siungnya terbungkus selaput tipis yang kuat dan kering. Bagian luarnya dilapisi lagi oleh selaput tipis yang kuat sehingga membentuk umbi yang lebih besar, yang merupakan gabungan dari banyak siung. Daunnya berbentuk pita, berakar serabut, dan termasuk suku Liliaceae.

Ada juga bawang putih yang tidak memiliki siung, dan hanya terdiri dari satu umbi utuh, disebut bawang lanang.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Allium sativum ini memiliki sejarah penggunaan selama lebih dari 7.ooo tahun.

Bawang putih mentah rasanya getir atau angur karena penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin. Selain sebagai bumbu masakan, ternyata banyak manfaat dan khasiat bawang putih lainnya, terutama untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Dalam kesehatan, bawang putih punya dua khasiat yang luar biasa, antara lain :

  1. membuka saluran darah, dan
  2. merupakan antibiotik yang kuat.

Bawang putih selama beberapa abad digunakan sebagai obat demam, batuk, bronchitis, dan kerongkongan. Juga, dapat digunakan sebagai obat cacing, terutama cacing pita.

Umbi ini bila digiling dapat dijadikan sebagai obat kompres untuk sakit kepala, luka terkena sengata serangga atau gigitan hewan berbisa. Air perasan yang berasal dari gilingan umbi bersiung ini bila dicampur madu dan gula dapat digunakan untuk obat asma, batuk, masuk angin, dan dapat menekan terjadinya kanker perut.

Untuk pengobatan arthritis, rematik, dan infeksi sinus, dapat diobati dengan menggiling dua siung bawang putih ditambah 2 sendok teh mau murni. Campuran bawang putih dan madu ini disarankan untuk diminum selama 3 sampai 4 hari berturut-turut.

Bawang putih yang dimasukkan ke dalam mentega dan madu membantu penyembuhan gangguan ginjal dan kandung kemih.

Bawang putih yang dicampur susu dapat digunakan untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan menyembuhkan sakit kepala, juga berkhasiat sebagai penyembuh infeksi usus dan gangguan liver.

Untuk menghilangkan kutil : memarkan bawang putih (jangan sampai halus) lalu tempelkan pada kutil dan ikat kuat dengan kain atau plester. Tunggu sampai 30 menit, jangan terlalu banyak bergerak. Kemudian kulit akan menghitam dan besoknya, kulit akan terbebas dari kutil.

Adapun kandungan kimia yang terkandung dalam bawang putih : kalsium, sulfur, protein, lemak, fosfor, besi, minyak atsiri, saltivine (yang bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf), aliin alisin, alinase, dialildisulfida (anti cacing), enzim, vitamin A, B1, dan C.

^_^

Rate this article!
Tags: