Manfaat Dan Khasiat Brotowali Untuk Kesehatan

Brotowali, atau ada yang menyebutnya antawali sudah tak asing lagi di dunia pengobatan tradisional. Merupakan tanaman perdu merambat yang diduga berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini tumbuh liar di hutan atau ladang. Tetapi, karena sudah terkenal khasiatnya, masyarakat Indonesia banyak yang menanamnya di pekarangan. Apa saja sih manfaat dan khasiat brotowali untuk kesehatan? Di bawah ini secara singkat tentang manfaat dan khasiat brotowali untuk kesehatan.

Nama lain brotowali

Memiliki nama latin Tinospora crispa, brotowali juga memiliki beberapa nama daerah. Di antaranya :

Jawa : brotowali

Sunda : Antawali

Makasar : kayu ular

Kalimantan Tengah : patarwali, akar sertin, panamar gantung

Kandungan yang terdapat pada brotowali

Brotowali memiliki rasa yang pahit karena mengandung zat pahit (pirokretin). Meski demikian, tanaman ini mengandung beberapa zat kimia yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya : alkoloid, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, pikroretin, harsa, berberin, dan palmatin. Selain itu, zat kimia yang terkandung pada batangnya, antara lain zat pahit (pikroretin), berberin, tinokrisposi, saponin, kolumbin, palmatin, kaemferol, dan pati. Sementara akar brotowali mengandung kolumbin.

Manfaat dan khasiat brotowali untuk kesehatan

Meski terkenal dengan rasanya yang pahit, tetapi manfaat dan khasiat brotowali untuk kesehatan tidak bisa dipungkiri lagi. Biasanya, yang digunakan untuk obat adalah batangnya. Berikut adalah beberapa cara penggunaan brotowali untuk pengobatan :

  • antiseptik pada koreng, kudis, atau luka
    • dapat dilakukan dengan membersihkan bagian yang sakit dengan air rebusan batang brotowali. Atau..
    • tumbuk halus daun brotowali, kemudian tempelkan pada bagian yang luka. Ganti hasil tumbukan ini 2x sehari.
  • kudis pada anak-anak
    • mandi dengan air rebusan brotowali. Air rebusan brotowali dapat dibuat dengan merebus batang brotowali. Cuci bersih batang brotowali sepanjang ± 1 m, kemudian potong kecil-kecil. Lalu, rebus dengan 4 liter air hingga mendidih. Masukkan air rebusan ke dalam ember atau baskom besar, lalu tambahkan air ingin. Air tersebut digunakan untuk mandi berendam.
  • demam
  • cuci bersih 2 jari batang brotowali. Kemudian, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan. Tambahkan sedikit madu. Minum air rebusan ini 2x sehari, @ 1/2 gelas.
  • penambah nafsu makan
  • Cuci bersih 3 helai daun brotowali, 30 gram batang brotowali. Kemudian, rebus dengan 2.000 ml air. Minum air rebusan sebanyak 1 gelas/hari.
  • air rebusan brotowali dapat digunakan untuk mengobati rematik, memar, demam kuning, dan kencing manis.

 

Demikian sekilas tentang manfaat dan khasiat brotowali untuk kesehatan. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat. ^_^

 

Sumber : “Tanaman Obat Keluarga (TOGA)”

Tags: