Manfaat Dan Khasiat Buah Alpukat

Siapa yang tak mengenal buah alpukat atau buah apokat ini??..

Buah yang memiliki nama latin Persea americana ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Dan, saat ini, banyak tumbuh di Indonesia. Buah ini diperkenalkan ke Indonesia pertama kali oleh Belanda, pada abad ke-19.

Bentuk dan warna kulit alpukat sangat bervariasi, ada yang kulitnya hijau, bentuknya bulat atau panjang, ada juga yang kulitnya kemerahan dengan bentuk bulat atau panjang.

Alpukat yang matang, kulitnya licin dan bagian pangkal buah, yaitu bekas melekatnya tangkai buah, melesak ke dalam. Alpukat matang banyak dipakai untuk campuran es campur, jus, puding, salad, atau saus.

Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat

Buah alpukat atau apokat ini banyak manfaatnya. Selain bijinya yang digunakan pada industri pakaian sebagai pewarna pakaian yang tak mudah luntur, kulit pohonnya juga bisa dijadikan pewarna coklat pada poduk bahan kulit. Bagian batang pohon yang mudah terbakar biasa dijemur dan ijadikan sebagai kayu bakar oleh penduduk desa. Daging buahnya selain dapat dijadikan hidangan juga dapat dipakai pada produk kosmetik dan kecantikan. Juga, bisa mengobati sariawan dan melembabkan kulit.

Vitamin yang terkandung dalam buah alpukat adalah vitamin A, B, B1, B2, C, dan E. Selain itu, alpukat juga mengandung asam lenoleat, asam pantotennat, betakaroten, kalsium, lesitin, fosfor, niacin, potassium, zat besi, dan minyak tumbuhan alami. Tidak mengandung kolesterol. Berkhasiat untuk mengobati penderita kencing manis.

Selain berkhasiat mengobati penderita kencing manis, daun alpukat juga bisa mengatasi nyeri pada saraf lambung, sakit kepala, darah tinggi, pembengkakan saluran nafas, dan haid yang tidak teratur. Biji alpukat juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Berikut resep kreasi alpukat untuk obat sariawan, diabetes melitus, dan melancarkan peredaran darah :

Bahan :

1 buah alpukat (ukuran sedang)

50 gram buah nanas

75 ml santan matang

es batu secukupnya

2 sdm susu kental manis (bagi penderita kencing manis, tidak dianjurkan mengonsumsi buah alpukat dicampur dengan susu kental manis)

Cara Membuat :

Buah alpukat diambil isinya. Buah nanas dipotong kecil-kecil.

Blender kedua bahan tersebut hingga hancur, lalu masukkan santan dan es secukupnya.

Siap untuk diminum.

^_^

Rate this article!
Tags: