Manfaat Dan Khasiat Buah Kepel Untuk Kesehatan

Pernah dengar nama buah satu ini? Buah kepel atau juga dikenal dengan nama burahol. Buah kepel merupakan buah yang menjadi identitas Daerah Istimewa Yogyakarta. Di daerah Pasundan, buah ini terkenal dengan nama burahol. Kepel atau burahol merupakan tumbuhan yang tingginya bisa mencapai hingga 25 meter. Buahnya berbentuk bulat bergerombol, panjang tangkainya mencapai 8cm. Merupakan tumbuhan liar yang hidup di hutan-hutan pulau Jawa. Tetapi, meski termasuk tumbuhan liar, tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena pohon ini memiliki keindahan pada warna daun dan bentuk pohonnya. Selain kayu pohonnya yang dapat dimanfaatkan untuk perkakas rumah tangga, pohon ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Di bawah ini sekilas tentang manfaat dan khasiat buah kepel untuk kesehatan.

manfaat dan khasiat buah kepel untuk kesehatan

gambar diambil dari www.pixabay.com

Manfaat dan khasiat buah kepel untuk kesehatan

Buah dari tanaman yang memiliki nama latin Stelechocarpus burahol ini dapat dimakan sebagai buah segar. Dagingnya berwarna jingga dan beraroma seperti bunga mawar dan sawo. Di Jawa, buah ini sudah terkenal sebagai obat tradisional. Karena, buah ini memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Di antaranya :

  • untuk mengharumkan bau badan
  • memiliki sifat diuretik, sehingga dapat melancarkan pembuangan air seni
  • sebagai obat tradisional untuk mencegah kehamilan
  • membersihkan darah
  • menguatkan liver, paru-paru, dan ginjal
  • memiliki khasiat untuk menurunkan asam urat dan kolesterol

Tips mengonsumsi buah kepel

Kulit buah kepel atau burahol ini memiliki rasa pahit. Sebaiknya, ketika mengupas kulitnya, pengupasan dilakukan agak tebal. Buah kepel atau burahol memiliki 8-10 biji. Daging buahnya memiliki rasa manis dan beraroma harum, tetapi agak licin di sekitar biji. Jadi, mohon untuk berhati-hati ketika mengonsumsi bagian ini karena biji bisa tertelan ke tenggorokan. Buah kepel atau burahol ini sebaiknya dikonsumsi secara langsung. Karena, proses pengolahan pada buah ini akan merusak cita rasa dan aromanya. Buah ini baik dan aman untuk dikonsumsi setiap saat.

Demikian sekilas tentang manfaat dan khasiat buah kepel atau burahol. Mudah-mudahan,  dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: