Manfaat Dan Khasiat Cabai Untuk Kesehatan

Tidak lengkap rasanya apabila makan tanpa cabai. Mungkin seperti itulah semboyan sebagian besar masyarakat Indonesia sekarang ini. Cabai sangat populer bagi masyarakat di Asia Tenggara. Sensasi pedasnya menjadi salah satu daya tarik sayuran ini. Banyak manfaat dan khasiat cabai untuk kesehatan dapat ditemukan semudah menemukan sayuran ini di bumi nusantara.

Cabai merupakan salah satu komoditas unggulan jenis sayuran komersial yang dibudidayakan di Indonesia. Sayuran ini biasanya digunakan untuk menguatkan rasa pada makanan juga sebagai bumbu masakan. Di Indonesia, sayuran yang termasuk ke dalam marga Capsicum ini terdiri dari 2 jenis, yaitu cabai besar dan cabai kecil. Cabai besar terdiri atas beberapa varietas, seperti cabai hijau besar, cabai merah besar, cabai keriting besar, paprika, dan cabai bulat. Sementara, yang termasuk cabai kecil salah satunya adalah cabai rawit.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam cabai

Di samping memiliki rasa yang pedas menggoda, cabai juga memiliki zat gizi yang berguna bagi tubuh. Di antaranya, kanungan vitamin C nya yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai lebih tinggi jika dibanding buah-buahan segar, seperti jeruk, semangka, mangga, nanas, maupun pepaya. Bahkan, cabai rawit merupakan jenis cabai yang mengandung vitamin C dan betakaroten paling tinggi.

Selain itu, di dalam cabai juga terkandung zat kimia lain, seperti capsicol, capsaicin, dan lasparaginase. Kandungan lainnya, antara lain :

  • karbohidrat
  • kalori
  • protein
  • lemak
  • kalsium
  • air
  • vitamin A, B1, dan C
  • zat besi

Manfaat dan khasiat cabai untuk kesehatan

Mengonsumsi cabai secara tepat dapat mengurangi gejala sakit kepala dan rasa nyeri pada persendian. Karena, capsaicin yang terkandung di dalamnya selain yang menimbulkan rasa pedas, juga dapat menghambat aktifitas otak saat menerima sinyal rasa sakit yang bersumber dari pusat sistem saraf. Capsaicin juga dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan dan sebagai penyedap alami pada masakan.

Tidak hanya sensasi rasanya yang menggoda, cabai juga dapat mengatasi beragam jenis penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Salah satunya, adalah penyakit kanker. Tidak hanya itu, mengonsumsi cabai dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah karena cabai mampu mengencerkan darah serta mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah.

Selama ini, masih banyak anggapan bahwa sumber vitamin C yang terbaik ada pada jeruk. Pada kenyataannya, berdasarkan banyak penelitian, telah membuktikan bahwa kandungan vitamin C terbanyak ada pada cabai, terutama cabai rawit. Vitamin C yang terkandung di dalam satu buah cabai rawit lebih banyak dari yang terkandung di dalam jeruk.

 

 

Tags: