Manfaat Dan Khasiat Ciplukan Untuk Kesehatan

Pernah mendengar atau melihat tumbuhan satu ini? Ciplukan! Mungkin sudah banyak yang pernah mendengar atau melihat tumbuhan satu ini, bahkan mungkin sudah pernah memakan buahnya. Seperti saya. ­čśÇ Buah ciplukan mengingatkan saya pada masa-masa kecil dulu. Tumbuhan ini menjadi buah kesukaan, karena berfungsi sebagai salah satu buah penyegar yang dikonsumsi di sela-sela waktu bermain. ­čśÇ┬áCiplukan memang termasuk tumbuhan semak/perdu yang tumbuh liar. Tumbuhan ini dengan mudah banyak dijumpai di kebun, tegalan, sawah yang mengering, tepi jalan, tepi hutan, dan bagian-bagian hutan yang terkena sinar matahari. Selain buahnya yang digemari oleh anak-anak, pohon ciplukan juga terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di bawah ini beberapa manfaat dan khasiat ciplukan untuk kesehatan.

manfaat dan khasiat ciplukan untuk kesehatan

gambar diambil dari www.pixabay.com

Nama daerah ciplukan

Memiliki nama latin Physalis angulata, ciplukan juga dikenal dengan beberapa nama daerah. Di antaranya : Jawa : ceplukan Sunda : cecenet atau cecendet Madura : yor-yoran Seram : lapinonat Bali : angket. kepok-kepokan. keceplokan Sasak : dedes Minahasa : leletokan

Kandungan senyawa kimia ciplukan

Tumbuhan ini mengandung beberapa senyawa kimia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Antara lain : Chlorogenikacid, asam sitrun dan fisalin, flavonoid, polifenol, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C, dan elaidic acid.

Manfaat dan khasiat ciplukan untuk kesehatan

Seluruh tumbuhan ini, dari daun sampai akar (biasanya dikeringkan terlebih dahulu) dapat digunakan sebagai obat tradisional. Di antaranya berfungsi sebagai :

  • analgetik (pereda nyeri)
  • peluruh air seni (karena ciplukan bersifat diuretik)
  • menetralkan racun
  • meredakan batuk, dan
  • mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh

Tips mengonsumsi ciplukan

Buah ciplukan dilindungi cangkap (kerudung penutup buah) Berbentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan (bila masih muda), dan berwarna cokelat (bila sudah tua) dengan rasa asam manis. Buah ini digemari oleh anak-anak. Meski demikian, bagi sebagian orang, buah ciplukan memiliki aroma dan citarasa yang kurang enak (berbau langu). Untuk menghilangkan bau langu tersebut, cukup rendam buah ciplukan di dalam air hangat sesaat sebelum dimakan. Demikian sekilas tentang manfaat dan khasiat ciplukan untuk kesehatan. Mudah-mudahan dapat membantu dan bermanfaat. ^_^

Tags: