Manfaat Dan Khasiat Daun Kentut Untuk Kesehatan

Daun kentut! Hi..hi..Baru mendengar namanya saja pasti langsung terbit senyuman di wajah. Tetapi, memang itu namanya. Mungkin, karena daun ini memang beraroma seperti namanya. 😀 Daun kentut merupakan tumbuhan menahun yang berkayu, merambat dengan panjang mencapai sekitar 3-5 m. Meski berbau seperti namanya, tetapi daun ini juga banyak dimakan sebagai lalap atau sayur. 😀 Selain bisa dimakan sebagai teman makan nasi, daun kentut memiliki khasiat sebagai obat untuk beberapa macam penyakit. Sesuai namanya pula, salah satu manfaat dari daun ini juga berhubungan dengan masalah perut dan masuk angin. Dan, tidak hanya itu, di bawah ini, sedikit tentang manfaat dan khasiat daun kentut untuk kesehatan.

manfaat dan khasiat daun kentut untuk kesehatan

gambar diambil dari www.pixabay.com

Nama daerah daun kentut

Memiliki nama latin Paederia foetida, daun kentut juga memiliki beberapa nama daerah. Diantaranya :

Sunda : kahitutan

Jawa : kasembukan

Madura : bintaos, kasembhukan

Ternate : gumisiki

Sumatera : daun kentut, sembukan

Kandungan zat kimia daun kentut

Daun kentut memiliki beberapa kandungan zat kimia yang sangat baik untuk tubuh, antara lain : asperuloside, deacetylasperuloside, scandoside, paedorosid, paedorosidic acid. Selain itu, juga mengandung gama-sitosterol, arbutin, oleanolic acid, dan minyak menguap.

Manfaat dan khasiat daun kentut untuk kesehatan

Daun kentut dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit. Karena, daun ini memiliki khasiat sebagai antirematik, penghilang rasa sakit (analgesik), peluruh kentut (karminatif), peluruh kencing (diuretik), dan peluruh dahak (mucolytic). Di samping itu, daun ini juga dapat digunakan untuk menambah nafsu makan (stomakik), antibiotik, antiradang, obat batuk (antitusif), menghilangkan racun (detoksifikasi), obat cacing, dan pereda kejang.

Resep obat menggunakan daun kentut

Seluruh bagian tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit. Di bawah ini, beberapa bahan dan cara pembuatan obat dengan menggunakan daun kentut.

  • perut mulas dan masuk angin
    • 25 lembar daun obat kentut dibuat sayur atau dikukus. Makan sebagai lalap matang. Untuk obat luarnya, daun kentut dilayukan di atas api, lalu ditempelkan pada perut.
  • mata bengkak
    • cuci bersih daun kentut secukupnya, lalu rebus dengan air. Setelah mendidih, angkat. Dekatkan wajah ke uap airnya. Bila air sudah terasa hangat, daunnya dibungkus sepotong kain, lalu kompreskan pada mata yang bengkak. Biarkan sampai dingin, lalu kompres diganti.
  • gastritis, kembung, dan disentri
    • cuci bersih 15-60 gram daun kentut segar, lalu tumbuk sampai halus hingga menyerupai bubur. Tambahkan 1 cangkir air matang dan 1-2 sdt garam. Aduk rata, lalu saring. Minum sebelum makan.
  • cacar
    • cuci bersih daun kentut secukupnya, lalu tumbuk sampai halus hingga menyerupai bubur. Tambahkan air dan garam secukupnya, lalu dibalurkan di sekitar gelembung-gelembung kecil di kulit.
  • radang telinga tengah
    • 1/2 genggam daun kentut dicuci bersih, lalu digiling/ditumbuk halus. Remas dengan 1 sdm air garam. Kemudian, peras dan saring. Airnya dipakai untuk obat tetes telinga yang sakit. teteskan 4-6x sehari, @3 tetes.
  • kulit gatal dan neurodermatitis
    • batang dan daun kentut segar secukupnya dicuci bersih, lalu digiling halus. Balurkan atau tempelkan pada tempat yang sakit.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang manfaat dan khasiat daun kentut untuk kesehatan. Mudah-mudahan, dapat membantu dan bermanfaat. ^_^

Tags: