Manfaat Dan Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun salam kerap dijumpai di dapur sebagai penambah aroma sedap pada berbagai macam masakan. Daun ini digunakan secara utuh, dalam keadaan kering maupun segar. Salam biasa ditanam di pekarangan sekitar rumah dan lahan pertanian. Biasanya, penanaman itu bertujuan untuk mengambil daunnya sebagai pelengkap bumbu dapur, juga kulit pohonnya yang digunakan untuk pewarna jala atau anyaman bambu. Selain itu, masih banyak kegunaan lain dari pohon salam. Salah satunya adalah manfaat dan khasiat daun salam untuk kesehatan.

Nama lain daun salam

Selain memiliki nama latin Syzygium polyanthum, salam juga memiliki beberapa nama lain, di antaranya :

Sunda : gowok

Sumatera : maselengan, ubar serai

Malaysia : samak, kelat samak, serali

Inggris : Indonesian bay leaf, laurel

Kandungan yang terdapat pada daun salam

Daun salam rasanya kelat dan wangi, mengandung minyak atsiri, sitral, eugenol, tanin, flavonoid, dan metil kavikol. Daun salam adalah sumber serat, vitamin A, C, kalsium, zat besi, folat, dan mangan yang sangat baik.

Manfaat dan khasiat daun salam untuk kesehatan

Kandungan zat tanin, minyak atsiri, dan juga flavonoid yang tersimpan dalam daun salam dapat memberi efek hipoglikemik. Oleh karena itu, daun salam dapat digunakan untuk menekan kadar gula darah yang tinggi. Daun  salam juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, daun salam juga dapat berfungsi sebagai obat diare, sakit maag, diabetes melitus, katarak, gatal-gatal, kudis, dan eksim.

Sementara, kulit pohon dan buah salam dapat pula menjadi obat sakit perut dan anti diare. Buah salam dapat menetralisir mabuk akibat terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Resep pengobatan menggunakan daun salam

Berikut adalah bahan dan car pembuatan obat menggunakan daun salam untuk mengatasi berbagai penyakit.

  • kudis dan gatal-gatal :
    • untuk pengobatan dalam tubuh, rebus 7-20 lembar daun salam, lalu minum air rebusannya. Sedangkan untuk pengobatan luar tubuh, cuci bersih kulit batang, daun, atau akar salam. Kemudian giling/tumbuk halus hingga seperti bubur. Gunakan pada bagian tubuh yang sakit, seperti infeksi kulit.
  • diare :
    • cuci bersih 15 gram daun salam, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Dinginkan, saring, dan minum.
  • kencing manis :
    • ¬†7 lembar daun salam dicuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, dan bagi untuk 2x minum.
  • maag:
    • 15-20 lembar daun salam dicuci sampai bersih, lalu rebus dengan 500 ml air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari sampai rasa kembung dan perih di lambung tak muncul lagi.
  • mabuk akibat alkohol
    • segenggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih. Tumbuk sampai halus, lalu peras. Saring, kemuidan minum airnya.
  • tekanan darah tinggi
    • rebus 7-10 lembar daun salam yang telah dicuci bersih dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, kemudian saring. Minumlah 1/2 gelas air rebusan tersebut sebanyak 2x sehari.

 

Tags: