Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Kita sudah tak asing lagi dengan tanaman satu ini, sirih. Sirih merupakan tumbuhan merambat yang tingginya bisa mencapai 5-15 meter. Kita sering menjumpai tanaman ini tumbuh di banyak pekarangan rumah. Karena, sejak jaman dahulu, sirih sudah terkenal akan manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan dan juga sebagai obat untuk beberapa penyakit. Salah satunya adalah untuk kesehatan mulut dan gigi. Daun sirih berbentuk jantung dengan warna kekuningan, hijau tua, dan hitam. Sirih kuning banyak dipakai untuk ‘nginang’ (mengunyah bahan-bahan bersirih), karena rasanya yang kurang pedas. Daun sirih yang hijau tua dan hitam biasanya dipakai untuk obat, karena mengandung minyak atsiri yang tinggi. Di bawah ini sedikit tentang manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan.

Nama daerah untuk sirih

Tanaman yang bernama ilmiah Piper betle ini memiliki beberapa nama daerah, di antaranya :

Jawa : suruh, sedah

Sunda : seureuh

Aceh : ranub

Batak karo : belo

Lampung : cambai

dayak : uwit

Bali : base

Bima : nahi

Bugis : gapura

Flores : mota

Sentani : afo

Kandungan zat kimia daun sirih

Daun sirih mengandung banyak zat kimia yang sangat baik untuk tubuh. Antara lain : minyak atsiri, hidroksivacikol, kavicol, kavibetol, allypyrokatekol, karvakrol, eugenol, dan eugenol metil eter. Selain itu, ada p-cymene, cineole, cariophyllene, cainene, dan estragol. Juga ada, terpenena, sesquiterpena, fenil, propane, tanin, iastase, gula dan pati.

Manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan

Daun sirih sudah terkenal sebagai obat tradisional sejak dahulu kala. Di bawah ini, beberapa bahan dan cara pembuatan obat menggunakan daun sirih untuk beberapa penyakit.

  • menghilangkan bau badan
    • cuci bersih 5 lembar daun sirih. Lalu, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Saring. Minum sir rebusan tersebut pada siang hari. Lakukan rutin, dan lihat hasilnya.
  • mimisan
    • cuci bersih satu lembar daun sirih segar yang agak muda. Kemudian, daun sirih ditekuk dua, dan digulung sebesar lubang hidung. Lalu, gulungan daun sirih tersebut dimasukkan ke hidung yang mengeluarkan darah. Biarkan sampai darah berhenti mengalir. Usahakan penderita tetap duduk tegak agar darah tidak mengalir ke belakang rongga hidung.
  • membersihkan mata yang gatal atau merah
    • cuci bersih 5-6 lembar daun sirih muda, kemudian direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Dinginkan. Basuh mata dengan air rebusan tersebut 3x sehari.
  • koreng atau gatal-gatal
    • cuci bersih 20 lembar daun sirih yang cukup tua. Rebus dengan air sebanyak 3-4 gelas. Gunakan air rebusan itu untuk mencuci bagian badan yang terkena koreng atau gatal.
  • mengobati sariawan
    • cuci bersih 1-2 lembar daun sirih, lalu dikunyah hingga lumat. Biarkan sebentar di dalam mulut, terutama di bagian yang terkena sariawan.
  • air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut jika dikumur-kumur. Selain itu, bisa untuk mengurangi jerawat bila dibasuh ke muka. Sedangkan, daun sirih yang dimakan dengan pinang dan kapur mampu menguatkan gigi agar tidak mudah tanggal.

Demikian sekilas tentang manfaat dan khasiat daun tempuyung untuk kesehatan. Mudah-mudahan, dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: