Manfaat Dan Khasiat Daun Suji Di Dalam Pengobatan Tradisional

Daun suji bentuknya seperti daun pandan tetapi lebih tebal, berujung runcing, permukaan daunnya licin, dan warnanya hijau tua. Daun ini biasa digunakan untuk pewarna hijau alami di dalam pembuatan makanan. Manfaat dan khasiat daun suji ternyata tidak hanya ada di dalam dunia masakan tetapi juga di dalam dunia pengobatan tradisional.

Daun yang memiliki nama latin Pleomele angustifolia ini tidak beraroma dan biasanya ditumbuk bersama daun pandan untuk mendapatkan warna hijau yang harum.

Nama daerah untuk daun suji :

Sunda : suji, hanjuwang merak, jingkang
Ambon : jejuang bukit, pendusta utan
Jawa : semar
Madura : bakong

Daun suji memiliki rasa yang tidak pahit dan bersifat dingin. Beberapa kandungan kimia yang terdapat di dalam daun suji, di antaranya saponin dan flavonoid.

Manfaat dan Khasiat Daun Suji

Bagian tumbuhan yang digunakan untuk untuk mengobati beberapa penyakit, antara lain daun, akar, dan batang. Bagian-bagian itu biasanya digunakan untuk mengobati nyeri lambung, penawar racun, anti inflamasi, menghentikan pendarahan, nyeri haid, beri-beri serta anti disentri.

  • Untuk disentri dan beri-beri :
    Rebus 20 gram daun suji segar dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring. Minum 1 gelas setiap 1 hari.
  • Untuk kencing nanah :
    Rebus 20 gram daun suji segar yang sudah dicuci bersih dengan 1 gelas air sampai tersisa 1/2 gelas air. Dinginkan, lalu saring. Minum sebanyak 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.
  • Untuk nyeri lambung :
    cuci bersih 20 gram akar daun suji. Rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring. Minum 2 kali sehari sehari masing-masing 1/2 gelas.
  • Untuk nyeri haid :
    cuci bersih 20 gram duan suji segar. Rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, lalu saring. Minum 1 gelas sehari.
  • Untuk penawar racun :
    cuci bersih 20 gram akar suji segar. Rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring. Diminum sebanyak 1 gelas sehari.
  • Untuk menghentikan pendarahan
    cuci bersih 7 lembar daun suji. Rebus daun suji dengan 1 gelas air. Dinginkan, lalu saring. Minum 1 gelas 1 hari.

 

*> catatan :

Dalam kondisi tertentu, tumbuhan obat menyebabkan efek samping. Oleh karena itu, pengobatan dilakukan dengan jumlah yang sesuai dan sebaiknya tumbuhan obat tidak dikonsumsi secara berlebihan. Tumbuhan obat harus dalam keadaan bersih dan steril sebelum digunakan. Tumbuhan segar maupun kering, harus dicuci terlebih dahulu. Perebusan tumbuhan obat sebaiknya dilakukan di atas api kecil.

Tags: