Manfaat Dan Khasiat Jambu Air Untuk Kesehatan

Siapa tak kenal dengan buah satu ini? Jambu air memang selalu menarik perhatian. Selain bentuknya yang menyerupai lonceng, juga karena buahnya yang berasa asam atau asam manis, segar. Pohon jambu air umumnya ditanam masyarakat di pekarangan rumah. Tingginya bisa mencapai 3-10 meter. Kayu pohonnya meski kecil bisa digunakan sebagai bahan bangunan, daunnya biasa digunakan oleh masyarakat sebagai pembungkus tape ketan. Buah jambu air terkenal sebagai salah satu bahan untuk rujak. Selain itu, biasa juga dijadikan manisan, setup, atau asinan. Jambu air dikenal sebagai buah segar yang bisa dimakan langsung, ternyata memiliki juga manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Berikut di bawah ini manfaat dan khasiat jambu air untuk kesehatan.

manfaat dan khasiat jambu air untuk kesehatan

gambar diambil dari www.pixabay.com

Nama lain jambu air

Selain bernama ilmiah Syzygium aqueum, jambu air memiliki beberapa nama lain. Di antaranya :

Malaysia : jambu ayer mawar

Thailand : machom phupaa atau chompu pa

Filipina : tambis

Inggris : bell fruit, water apple

Minahasa : jambu aie

Sunda : jambu cai

Jawa : jambu wer

Madura : jhambhu wir

Bali : nyambu er

Sulawesi : kumpas, kumpasa, kombas, kembes

Sulawesi Selatan : jambu jene, jambu salo

Seram : jambu waelo, kuputol waelo, lutune waele, kopo olo

Kandungan zat kimia jambu air

Jambu air ternyata memiliki beberapa kandungan zat kimia yang sangat berguna untuk tubuh, antara lain : vitamin A dan C, pektin, monoterpena, bitosterol, aasam olenik, dan desmethoksimatteuchinol.

Manfaat dan khasiat jambu air untuk kesehatan

Buah yang sangat terkenal sebagai buah rujak ini ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Sesuai namanya, jambu air memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh. Sehingga sangat berguna untuk membersihkan ginjal dari urea dan asam urin. Selain itu, jambu air juga dipercaya berkhasiat untuk :

  • menjaga kesehatan mata
  • memperbaiki sel tubuh yang rusak
  • melawan kanker
  • menyegarkan kulit
  • mengatasi rambut rontok
  • menetralisir racun dalam tubuh
  • mengobati demam dan diare
  • sebagai antibiotik
  • melawan jamur dan parasit, serta
  • mengobati sariawan

Tips mengonsumsi jambu air

Jambu air dapat dikonsumsi secara langsung dan kapan saja. Ketika mengonsumsi buah ini, sebisa mungkin beserta dengan kulitnya. Karena, kandungan antioksidan terbesarnya terletak pada kulit buahnya.

Demikianlah sekilas tentang manfaat dan khasiat jambu air untuk kesehatan. Mudah-mudahan, penjelasan singkat ini dapat membantu dan memberikan manfaat. ^_^

Tags: