Manfaat Dan Khasiat Jamu Paitan Untuk Kesehatan

Bagi para penggemar jamu gendong, tentunya tak asing lagi dengan minuman satu ini. Sesuai namanya, PAITAN, minuman satu ini memang sangat pahit. Berwarna hitam dan rasanya pahit. ๐Ÿ˜€ Tetapi, kalau tak pahit, bukan jamu namanya. Iya, kan? ๐Ÿ˜€ Untuk jamu paitan ini, tak sedikit, lho, peminatnya. Mungkin, karena manfaat dan khasiat jamu paitan ini sudah terkenal sejak jaman nenek moyang kita dulu. ๐Ÿ˜€

manfaat dan khasiat jamu paitan untuk kesehatan

gambar diambil dari www.pixabay.com

Ternyata, selain membeli di pedagang jamu gendong, kita dapat membuat sendiri jamu paitan ini. Bila kita dapat membuat sendiri, maka kita masih dapat menikmati jamu paitan ketika para pedagang jamu sedang tidak berjualan. ๐Ÿ˜€

Bagaimana caranya?

Di bawah ini resep serta manfaat dan khasiat jamu paitan untuk kesehatan.

Resep jamu paitan

Bahan untuk membuat jamu paitan ini dapat kita peroleh di toko rempah-rempah/jamu. Biasanya, toko rempah-rempah tersebut banyak terdapat di pasar tradisional.

Bahan :

  • 25 gram temu ireng (temu hitam)
  • segenggam daun sambiloto kering
  • 1/4 sdt garam
  • 600 ml air
  • 3 mata asam jawa

Cara membuat :

  1. cuci bersih temu ireng dan daun sambiloto kering.
  2. potong tipis temu ireng.
  3. haluskan temu ireng, sambiloto, air, dan garam menggunakan blender.
  4. rebus bahan-bahan yang telah dihaluskan tadi menggunakan panci tanah liat atau stainless dengan api kecil. Rebus hingga mendidih.
  5. matikan api. Biarkan hangat, lalu saring.
  6. sajikan. Minum selagi hangat.
  7. setelah minum jamu paitan ini, sebaiknya dinetralkan dengan minum air jahe.

*) resep ini untuk 4 gelas

*) jika tidak menggunakan blender : temu ireng yang telah dipotong kecil-kecil, disangrai dengan api kecil sampai kering. Setelah itu, ditumbuk sampai halus. Lalu, rebus hasil tumbukan temu ireng tadi dengan bahan-bahan lainnya. Lakukan langkah-langkah pembuatan jamu selanjutnya.

Manfaat dan khasiat jamu paitan untuk kesehatan

Jamu paitan memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan karena mengandung beberapa senyawa aktifย yang sangat baik bagi tubuh. Senyawa aktif yang terdapat di dalam jamu paitan, antara lain: andrographolide pada sambiloto; minyak atsiri, monoterpen, seskuiterpen, dan kurkumin pada temu ireng.

Jika dikonsumsi secara teratur, jamu paitan dapat berguna untuk :

  • mengatasi segala penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur
  • melangsingkan tubuh
  • meredakan alergi pada kulit
  • menghaluskan kulit
  • membuat rambut berkilau
  • menyembuhkan penyakit cacingan
  • menghindarkan tubuh dari gigitan nyamuk

Jika jamu herbal, seperti jamu paitan ini dikonsumsi secara teratur dapat memberikan nutrisi alami pada tubuh seesorang. Bukankah nutrisi alami merupakan hal yang sangat penting di dalam memelihara kesehatan dan kecantikan?

Tak perlu kuatir dengan rasa pahit jika meminum jamu paitan ini. Ingatlah, meski pahit, tetapi jamu paitan memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Dan lagi, pahitnya jamu paitan tak sepahit kenangan masa lalu, bukan? ๐Ÿ˜€

Tags: