Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis Di Dalam Pengobatan Tradisional

Jeruk nipis merupakan jeruk yang tak asing lagi bagi kita. Jeruk ini sering dipakai sebagai pengganti jeruk lemon. Buah yang termasuk ke dalam famili/suku Rutaceae ini memiliki nama latin Citrus aurantifolia yang tersebar di Asia dan Amerika Tengah. Selain kegunaannya di dalam masakan, manfaat dan khasiat jeruk nipis yang lain adalah sebagai salah satu obat tradisional untuk berbagai masalah kesehatan.

Nama daerah untuk jeruk nipis

Melayu : lemau nipis
Jawa : jeruk nipis
Bali : jeruk alit, kaputungan, elmo
Bima : dongaceta
Flores : mudutelong
Solor : mudak enelo
Pulau roti : delomakii
Bugis : lemo ape, lemo kapasa,
Ambon : usinepese

Buah jeruk nipis kaya akan asam sitrat, memiliki rasa pahit, sangat asam, dan memiliki efek dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jeruk  nipis, di antaranya asam sitrat sebanyak 7-7,6%, damar lemak, mineral, vitamin B1, sitral limonen, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cainen, dan linalin asetat. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung vit C sebanyak 27mg/100gram jeruk, Ca sebanyak 40 mg/100 gram jeruk, dan P sebanyak 22 mg.

Waktu membeli jeruk nipis, pilih yang bentuknya bulat penuh, berat, kulitnya hijau terang dan licin, karena jeruk nipis dengan ciri-ciri tersebut banyak airnya.

Jeruk ini sering dipakai di dalam masakan. Karena mengandung asam sitrat yang tinggi, jeruk ini dapat mengurai serat daging. Jika dibubuhkan pada ikan, dagingnya akan berubah warna dan masak. Selain sebagai bumbu, jeruk nipis juga berfungsi mengurangi bau anyir pada ikan, udang, ayam atau menambah rasa segar pada masakan berkuah seperti soto.

Manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk pengobatan

Manfaat dan khasiat jeruk nipis di dalam dunia pengobatan, di antaranya sebagai anti demam, mengurangi batuk, anti inflamsi, dan anti bakteri.

Bagian tumbuhan yang biasa dipakai untuk pengobatan, yaitu : buah segar, akar, daun, bunga, getah batang. Bagian -bagian dari jeruk nipis itu dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit, diantaranya :

  • untuk batuk dan demam
    cuci bersih 1 jari rimpang temulawak lalu potong tipis-tipis. Rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Saring, tambahkan air perasan dari 1/4 potong butir jeruk nipis dan 2 sendok makan madu. Minum 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.
  • untuk kepala pusing
    cuci bersih 7 helai daun jeruk nipis segar lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan ke dalam hasil tumbukan 1 sdm air perasan jeruk nipis, aduk sampai rata. Gunakan campuran bahan ini untuk menggosok tengkuk, dahi, dan pelipis. Ulangi 2-3 kali sehari dengan cara yang sama.
  • untuk menghilangkan keriput pada wajah
    peras 1 butir jeruk nipis, tambahkan 1 sdt minyak kayu putih dan 1/4 sdm kapur sirih. Aduk sampai rata lalu balurkan pada wajah setiap malam.
  • untuk pelangsing
    peras 1 butir jeruk nipis lalu seduh dengan 1 gelas air panas bersama teh hijau secukupnya. Minum air campuran ini setiap pagi dan sore dengan cara yang sama.
  • untuk sakit tenggorokan
    tusuk sepotong jeruk nipis dengan tusuk sate. Bubuhkan kecap ke atas potongan buah tadi, lalu panaskan di atas api selama 1 menit. Peras jeruknya lalu minum air perasannya sekaligus. Lakukan 2x sehari dengan cara yang sama.
  • untuk tenggorokan banyak lendir
    peras 2 butir jeruk nipis, lalu seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan sedikit garam, lalu minum saat hangat sebelum sarapan.
Tags: