Manfaat Dan Khasiat Jeruk Purut Untuk Kesehatan

Jeruk purut adalah salah satu dari jenis jeruk yang dapat ditemukan di Indonesia. Buahnya kecil berdiameter 5-6 cm. Daun, kulit, serta buahnya mengeluarkan aroma sitrus yang kuat. Daun jeruk purut banyak digunakan untuk bumbu penyedap masakan. Meski jarang dikonsumsi sebagai buah segar atau dibuat minuman, buahnya sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Di bawah ini tentang kandungan, serba-serbi, serta manfaat dan khasiat jeruk purut untuk kesehatan.

Kandungan yang terdapat di dalam jeruk purut

Daun jeruk purut mengandung  minyak atsiri (1 – 1,5%), steroid triterpenoid, dan tanin (1,8%). Kulit buah jeruk purut mengandung saponin, dan tanin (1%), steroid triterpenoid, dan minyak atsiri dengan kandungan sitrat (2 – 2,5%).

Beberapa wewangian memakai minyak jeruk purut (diperoleh dari daun atau kulit buah) sebagai komponennya. Karakteristik minyak daunnya terutama didominasi oleh minyak atsiri dan citronelal, citronelol, nerol, dan limonena.

Kandungan jeruk purut ini istimewa karena pada jeruk-jeruk lainnya yang mendominasi adalah enantiomernya an citronelal (yang juga dapat ditemukan pada serai). Kulit buahnya memiliki komponen yang serupa dengan kulit buah jeruk nipis, dengan komponen utama limonena dan beta pinena.

Manfaat dan khasiat jeruk purut untuk kesehatan

Selain daunnya yang bermanfaat sebagai bumbu, jeruk purut juga berkhasiat dan bermanfaat untuk kesehatan. Sari buah dan kulit jeruk purut digunakan sebagai campuran obat tradisional. Oleh karena itu, buah ini kadang-kadang disebut sebagai jeruk obat. Jeruk purut dapat digunakan sebagai anti-spasmodik (kejang) dan antiseptik.

Buah jeruk purut dapat digunakan untuk mengobati flu, menyegarkan badan yang letih, mengatasi rambut yang bau, serta kulit yang bersisik dan mengelupas. Daun jeruk purut dapat dimanfaatkan untuk mengatasi badan lelah dan lelah selepas sakit berat. Minyak dan kulit jeurk purut adalah obat antiserangga yang ampuh. Sedangkan, sari jeruk purut dapat digunakan sebagai pembersih untuk pakaian dan rambut.

Resep pengobatan menggunakan jeruk purut

Berikut adalah bahan dan cara pembuatan obat menggunakan jeruk purut.

  • mengobati flu :
    • peras 1 buah jeruk purut, lalu seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Minum 1/2 cangkir tersebut selagi hangat sebanyak 2x sehari.
  • membersihkan kulit :
    • belah 1 buah jeruk purut menjadi 2 bagian, lalu gosokkan belahan jeruk purut pada bagian yang kotor selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air. Lakukan secara rutin sebelum tidur.
  • mengatasi rambut bau dan berketombe
    • parut 1 buah jeruk purut, tambahkan 1 sdm air matang. Lalu, remas-remas sampai hancur. Saring airnya. Kemudian, oleskan pada kulit kepala setelah keramas. Lakukan secara rutin sebanyak 2x seminggu.

Serba-serbi jeruk purut

Dalam perdagangan internasional, jeruk purut dikenal sebagai kaffir lime. Dalam kuliner Asia Tenggara, daun jeruk purut biasa digunakan untuk membuat masakan semakin mengundang selera.

Tumbuhannya rindang berbentuk pohon kecil (perdu). Rantingnya beruri dan aunnya berbentuk khas, seperti 2 helai yang tersusun vertikal, tepi daunnya berlekuk-lekuk. Permukaannya tebal dan licin, seperti berlapis lilin.

Masyarakat sering kali keliru mengenali jeruk purut dengan jeruk limau. Jeruk limau berukuran lebih kecil (diameternya sekitar 2 – 3 cm) dari jeruk purut. Bentuk jeruk purut membulat dan ada moncongnya di salah satu ujung buah. Kulitnya tebal dengan tonjolan-tonjolan kasar di seluruh permukaan kulit. Sementara, jeruk limau bentuknya membulat, kulitnya tidak halus, ada tonjol-tonjolan pada kulitnya meski tidak terlalu tampak.

Pohon jeruk purut dapat diperbanyak dengan cangkok dan biji. Tanaman ini akan tumbuh subur jika dirawat, disiram dengan cukup air, dijaga kelembaban tanahnya, dan diberi pupuk organik. Tumbuhan ini juga menyukai tempat yang diterpa sinar matahari yang cukup.

Media tanam dalam pot cepat menjadi padat. Oleh karena itu, periksa setiap 2-3 minggu sekali. Jika tampak memadat, segera lakukan penggemburan.

Tags: