MANFAAT DAN KHASIAT KAPULAGA

Kapulaga adalah sejenis rempah yang termasuk ke dalam suku atau famili Zingiberaceae. Tumbuhan yang memiliki nama latin Amomum cardamomum ini merupakan tanaman asli Bangladesh, India, Bhutan, Nepal, Pakistan, dan Indonesia. Ternyata, manfaat dan khasiat kapulaga yang lebih dikenal sebagai rempah ini banyak sekali. Apa saja, sih?..

Kapulaga merupakan tanaman jenis tumbuhan kecil yang berbatang basah dan tak berkayu. Tingginya mencapai 2 hingga 3 meter. Biji kapulaga berbentuk biji polong kecil, penampang irisan segitiga, dan berbentuk gelendong kumparan. Kulit luarnya tipis dan bijinya hitam kecil. Semua bagian tanaman kapulaga berbau harum.

 

Sebagian orang menyebut buah dari tanaman kapulaga ini dengan istilah kapol. Kapulaga ada dua jenis, putih dan hijau. Ada juga kapulaga coklat yang sebenarnya tidak termasuk keluarga kapulaga, tetapi tetap disebut kapulaga.

Kapulaga putih bentuknya agak bulat, banyak dipakai untuk bumbu masakan; kapulaga hijau, yang bentuknya lebih panjang, cocok dipakai untuk kue dan minuman. Kapulaga banyak dipakai di dapur India dan Timur Tengah.

manfaat dan khasiat kapulaga

kapulaga hijau (gambar diambil dari www.pixabay.com)

 

Kandungan kimia yang terdapat di dalam kapulaga, di antaranya : borneol, gula, lemak, protein, silikat, sineol, dan terpinol.

Manfaat dan khasiat kapulaga

Selain sebagai rempah yang dipakai sebagai bumbu masakan, kapulaga juga memiliki khasiat untuk kesehatan, di antaranya :

  • semua bagian tanaman kapulaga dapat digunakan untuk obat kejang perut, sulit buang angin, dan rematik.
  • batang pohon kapulaga dapat digunakan untuk obat demam.
  • buahnya dapat digunakan untuk obat batuk.
  • kapulaga dapat juga digunakan sebagai obat untuk keropos tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, untuk kesehatan jantung, sebagai pereda nyeri, menjaga kesehatan ginjal, dan memperbaiki suasana hati.

 

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari kapulaga. Asal tidak dikonsumsi secara berlebihan, tentunya kapulaga sangat bermanfaat demi kesehatan tubuh manusia.

 

^_^

 

Rate this article!
Tags: