Manfaat Dan Khasiat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Kelapa. Siapa tak kenal dengan tumbuhan satu ini? Kelapa (Cocos nucifera) merupakan tanaman yang bisa ditemukan di semua pulau di Indonesia. Merupakan anggota satu-satunya marga Cocos, dan termasuk ke dalam suku Aracaceae. Kelapa juga merupakan sebutan untuk buah dari tanaman ini. Dianggap sebagai tumbuhan serbaguna karena semua bagian dari pohon ini dapat digunakan, dari akar, daun, batang, kulit pohon, daging buah, air kelapa, serta tempurung juga sabutnya dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Maka, tak mengherankan, jika kita juga dapat menemukan manfaat dan khasiat air kelapa untuk kesehatan.

Kandungan gizi yang dimiliki kelapa

Kandungan asam amino, isoleusin, lisin, dan valin yang terkandung dalam air kelapa lebih banyak jika dibandingkan dengan yang terkandung di dalam kacang-kacangan. Selain itu, kandungan lain yang terdapat di dalam air kelapa, di antaranya :

  • air
  • kalori
  • lemak
  • karbohidrat
  • kalsium
  • fosfor
  • zat besi
  • vitamin A
  • asam askorbat

Manfaat dan khasiat air kelapa untuk kesehatan

Air kelapa dapat digunakan sebagai penangkal racun. Selain itu, air kelapa juga mengandung 4,7% dari total padatan 2,6% gula, 0,55 % protein, 0,74% lemak, serta 0,46% mineral. Maka dengan komposisi gizi yang baik itu menyebabkan air kelapa dapat menjadi media untuk pertumbuhan mikroba, seperti acetobacter xylinum, yang dapat digunakan untuk produksi nata de coco.

 

Air kelapa juga dapat digunakan sebagai pengganti transfusi plasma. Contohnya, pada Perang Pasifik, proses tranfusi pada prajurit yang terluka dilakukan langsung dari buah kelapa.

Tidak hanya untuk mencegah dehidrasi, air kelapa juga dapat digunakan sebagai pengganti ion tubuh karena mengandung isotonik. Sehingga, air kelapa dinobatkan sebagai minuman energi alami.

 

Manfaat dan khasiat air kelapa lainnya adalah untuk mengobati keracunan, memperlancar air seni, menurunkan demam, mengobati influenza, mengurangi ketombe, mengurangi rasa sakit ketika haid, serta mengobati jerawat. Membasuh wajah setiap hari dengan air kelapa dapat mengurangi jerawat serta membersihkan wajah.

Air kelapa dapat mengobati cacingan. Minum air kelapa dengan 1 sdm minyak zaitun 3x sehari dapat membasmi cacing dalam usus.

Air kelapa mengandung asam laurat yang banyak sekali. Asam laurat sangat baik untuk ibu hamil karena dapat melawan jamur, bakteri, serta virus yang dapat membahayakan dirinya juga bayi yang ada di dalam kandungannya. Jika ibu hamil meminum air kelapa secara teratur, dapat membantu membuat air ketuban lebih bersih, membuat bayi berkulit bersih, berambut tebal, dan bermata indah.

Biasanya, air kelapa dikonsumsi dingin. Tetapi, tidak menutup kemungkinan air kelapa juga dapat dikonsumsi dalam kondisi panas. Air kelapa panas, dahulu, digunakan untuk mengobati kolera.

Meski air kelapa mengandung antidotum/penawar racun tetapi tidak semua jenis racun dapat dikeluarkan dengan air kelapa. Hanya racun yang baru sampai di lambung saja yang masih bisa dinetralkan.

Masih banyak yang beranggapan bahwa air kelapa sama dengan susu. Kenyataannya, anggapan itu tidaklah benar. Karena, susu kaya akan protein, lemak, karbohidrat, gula, serta mengandung vitamin dan mineral, sementara air kelapa hanya mengandung beberapa vitamin dan mineral saja.

 

 

Tags: