Manfaat Dan Khasiat Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Bukan! Yang dimaksud di sini bukan kumisnya kucing. Tetapi, tumbuhan yang bernama kumis kucing. Sudah tahu, kan, bentuk tanaman kumis kucing? Yup, betul. Tumbuhan yang itu! Tumbuhan yang bunganya seperti memiliki banyak kumisnya kucing. 😀 Kumis kucing adalah tumbuhan yang tumbuh tegak bersemak. Batangnya berwarna cokelat keunguan/kemerahan dan berbentuk persegi. Bunganya berupa tandan yang keluar dari ujung cabang dengan benang sari yang berukuran lebih panjang dari tabung bunganya. Meski ada yang berwarna kebiruan, tetapi umumnya benang sarinya berwarna putih. Benang sari inilah yang menyerupai kumis kucing, sehingga tumbuhan ini dinamakan seperti itu. Selain ditanam untuk menghiasi pekarangan rumah, tumbuhan ini juga memiliki kegunaan sebagai obat tradisional. Berikut di bawah ini beberapa manfaat dan khasiat kumis kucing untuk kesehatan.

Kandungan zat kimia dalam kumis kucing

Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon stamineus ini mengandung zat-zat kimia yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan zat kimia tersebut, antara lain orthosiphon glikosida, zat samak, minyak atsiri, saponin, garam kalium, tanin, sinensitin, dan myoinositol.

Manfaat dan khasiat kumis kucing untuk kesehatan

Semua bagian tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit. Di bawah ini beberapa bahan dan cara pembuatan obat menggunakan kumis kucing.

  • infeksi saluran kencing, anyang-anyangan
    • cuci bersih tangkai dan daun kumis kucing, daun meniran,dan Commelina communis (masing-masing 30 gram). Rebus bahan-bahan tersebut, lalu saring, dan diminum.
  • kencing yang tersendat disertai rasa sakit
    • daun kumis kucing kering diseduh seperti teh. Tambahkan gula aren sesuai selera, lalu minum.
  • darah tinggi
    • daun kumis kucing segar dan kering @ 50 gram. Daun kumis kucing yang basah dicuci bersih, kemudian direbus dengan air secukupnya. Sementara, daun kumis kucing kering dibersihkan, lalu diseduh dengan air panas. Campur air keduanya lalu disaring. Minum air ini 1 gelas sehari.
  • demam
    • 100 gram akar kumis kucing dicuci bersih, lalu direbus sampai mendidih dengan 2.000 ml air. Diamkan hingga hangat kuku, kemudian saring. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari.
  • infeksi ginjal, kencing batu, penambah nafsu makan, dan encok
    • semua bagian tanaman kumis kucing segar direbus, kemudian diminum airnya. Atau, tanaman kumis kucing yang telah dikeringkan diseduh seperti teh, kemudian diminum.
Tags: