Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk kesehatan

Bumbu dapur satu ini biasa dipakai sebagai pewarna makanan alami. Siapa dia kalau bukan kunyit. Perannya sebagai obat tradisional sudah dikenal sejak jaman dulu kala. Banyak kandungan zat dan nutrisi yang terdapat di dalam kunyit sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di antaranya adalah kandungan kurkumin dan komponen utama dalam kari kuningnya yang dapat menghambat pertumbuhan sel melanoma dan memicu kematian sel tumor. Kunyit bersifat antiinflmasi dan antioksidan, juga kaya akan vitamin, rendah gula serta mengandung banyak protein dan serat. Di bawah ini beberapa manfaat dan khasiat kunyit untuk kesehatan.

Nama lain untuk kunyit

Kunyit (Curcuma domestica) memiliki beberapa nama lain, di antaranya :

Jawa : kunir, temu kuning

Sunda : koneng

Madura : konyet

Inggris : saffron

Belanda : kurkuma, haldi

negara Asia : pasupu

Kandungan yang terdapat di dalam kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, minyak atsiri, turmeron, zingiberon, felandren, lemak, protein, dan zat pati. Aroma dan rasa kunyit berasal dari kandungan minyak atsiri. Warna kuningnya berasal dari kandungan kurkumin. Kunyit adalah sumber vitamin C, B6, zat besi, kalium, mangan, dan magnesium yang baik.

Manfaat dan khasiat kunyit untuk kesehatan

Kunyit bersifat sebagai antikoagulan (mencegah gumpalan darah) sehingga kerap dipakai sebagai obat pembersih rahim pasca melahirkan. Selain itu, kunyit juga bersifat tonik, stimulan, karminatif, hemostatis, antigatal, dan antispasmodik. Khasiat kunyit lainnya, yaitu untuk melancarkan peredaran darah, menambah vitalitas, peluruh haid, antiinflamasi, membuang gas perut, menutup pori kulit, menurunkan panas, dan antibakteri. Sifat antiinflamasi kunyit berasal dari minyak atsiri yang dikandungnya.

Kunyit adalah tanaman obat yang sering dipakai sebagai campuran obat/jamu. Umbi dan akar kunyit dapat digunakan sebagai obat : radang gusi, borok, abses, bengkak, dan rematik. Asap dari bakaran kunyit dapat melegakan hidung yang tersumbat. Manfaat kunyit lainnya adalah untuk mengatasi alzheimer, kanker, dan skait kuning.

Kunyit dapat menjadi obat maag yang aman dikonsumsi dan tanpa menimbulkan efek samping. Kurkumin yang terkandung i dalam kunyit terbukti efektif dapat mencegah dan mengobati luka lambung.

Resep pembuatan obat tradisional dengan menggunakan kunyit

Berikut adalah bahan dan cara pembuatan obat dengan menggunakan kunyit untuk mengatasi beberapa penyakit.

  • maag :
    • kupas dan cuci bersih 2 buah kunyit @ sebesar ibu jari, lalu parut. Tambahkan air masak. Peras sarinya dengan kain bersih. Diamkan perasan itu, ekmudian ambil air ebningnya. Minum sehari 2x, sebelum makan pagi dan sebelum tidur malam.
  • nyeri haid :
    • cuci bersih kunyit sebesar ibu jari, jahe sebesar ibu jari, dan 1/2 ibu jari kencur. Lalu, parut bahan-bahan itu, dan peras airnya. Tambahkan air perasan jeruk nipis, kemudian seduh dengan 1/2 gelas air panas. Saring, lalu tambahkan garam dan gula seperlunya. Minum pada hari pertama haid.
  • melancarkan ASI
    • tumbuk halus 1 ibu jari kunyit, lalu oleskan sebagai kompres di sekitar payudara. Lakukan setiap 2 hari sekali.
  • keputihan
    • 2 ibu jari kunyit, 1 genggam daun beluntas, satu (1) gagang buah asam jawa, 1 potong gula kelapa/aren. Rebus semua bahan dengan 1 liter air sampai mendidih. Saring, lalu diminum 1 gelas 1 hari.
  • melancarkan haid
    • 2 ibu jari kunyit, biji ketumbar dan biji pala @ 1/2 sdt, 1/2 genggam daun srigading. Tumbuk halus semua bahan tadi, lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. saring, kemudian minum 1 gelas 1 hari.
  • radang amandel
    • parut 1 ibu jari kkunyit, peras 1 buah jeruk nipis, campur denga 2 sdm madu dan 1/2 gelas air hangat. Aduk sampai merata, lalu saring. Minum secara rutin 2 hari sekali.
  • disentri
    • rebus 1 ibu jari kunyit, sepotong getah gambir, dan 1/4 sdm kapur sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. saring dan minum 2x 1/2 gelas setiap pagi dan sore.
  • tifus
    • tumbuk halus 2 ibu jari kunyit, sebonggol serai, dan selembar daun sambiloto. Lalu, tambahkan segelas air hangat. Saring, dan minum secara rutin selaam 1 minggu berturut-turut.
  • usus buntu
    • 1 ibu jari kunyit, jeurk nipis 1 buah, 1 potong gula kelapa/aren, garam secukupnya. Parut kunyit dan peras jeruk nipis, lalu campur dengan gula dan garam. Seduh dengan segelas air panas, lalu saring. Diminum setiap pagi setelah sarapan secara teratur.

 

Sumber : Sehat dan cantik Alami Berkat Bumbu Dapur

Tags: