Manfaat Dan Khasiat Lada Untuk Kesehatan

Lada atau merica adalah bumbu dapur yang sering dipakai di Asia, Eropa, sampai Timur Tengah. Bumbu ini dipakai dalam masakan untuk menambah citarasa pedas dan memberi aroma khas pada masakan. Ada 2 jenis lada, yaitu lada hitam dan lada putih. Lada hitam banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bumbu masakan, bahan kosmetika, dan obat-obatan tradisional. Begitu juga dengan lada putih, meski lada jenis ini lebih sering digunakan untuk bumbu masakan. Selain sebagai bumbu, banyak juga terdapat manfaat dan khasiat lada untuk kesehatan.

Kandungan yang dimiliki lada

Lada (Piper nigrum) mengandung minyak atsiri, filandrena, alkaloid piperina, dan kavisina. Kandungan zat lainnya dalam lada adalah piperitina, piperidina, zat pahit, dan minyak lemak. Serbuk lada yang mengandung zat piperin seringkali mengundang bersin. Piperin dapat membantu penyerapan selenium, vitamin B, betakaroten, dan kurkumin, juga nutrisi lainnya. Lada juga mengandung sedikit safrol, senyawa karsinogen ringan yang dapat mengiritasi dinding usus.

Nutrisi yang terdapat di dalam lada, antara lain : kalori, natrium, karbohidrat, vitamin C dan K, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, tembaga, dan mangan.

Manfaat dan khasiat lada untuk kesehatan

Selain sebagai bumbu, lada juga dapat digunakan untuk mengobati sembelit, diare, sakit telinga, gangren, dan penyakit jantung. Selain itu, lada juga bisa digunakan sebagai obat hernia, suara serak, perut kembung, gigitan serangga, dan insomnia. Lada juga berkhasiat untuk mengobati penyakit hati, sariawan, penyakit paru-paru, gigi berlubang, an kulit yang terbakar matahari.

Buah lada untuk mengobati : disentri, kolera, kaki bengkak, nyeri haid, pilek, nyeri sendi, dan sakit kepala. Sementara, khasiat daun lada adalah untuk meluruhkan batu ginjal.

Resep menyembuhkan kaki bengkak dengan menggunakan lada :

tumbuk halus 10 butir lada hitam, 1 ibu jari lempuyang, dan 2 lembar daun sirih. Lalu, tambahkan air secukupnya. Balurkan di kaki yang bengkak sebelum tidur. Lakukan rutin sampai sembuh.

Serba-serbi lada

Pusat produksi lada di Indonesia adalah Bangka dan Lampung. Bangka dikenal sebagai penghasil lada putih, sedangkan Lampung dikenal sebagai penghasil lada hitam. Lada hitam dari Lampung iekspor ke Amerika dan Eropa. lada hitam dimanfaatkan untuk beragam keperluan, seperti bahan campuran kosmetika, obat-obatan tradisional (obat gosok), disuling minyaknya, atau untuk bumbu masakan.

Rasa pedas pada lada sebagian besar nerasal dari senyawa piperin yang ditemukan pada buah dan bijinya. Buah lada hitam juga mengandung terpena penting yang memberikan aroma yang khas. Rasa dan aroma laa mudah menguap sehingga lebih baik disimpan dalam wadah kedap udara agar citarasa aslinya bertahan lama.

Lada juga bisa berkurang rasa pedasnya jika terpapar cahaya akan mengubah piperin menjadi isokavisin yang hampir tanpa rasa. Karena aromanya mudah menguap, sebaiknya biji merica digiling sesaat sebelum digunakan.

 

Tags: