Manfaat Dan Khasiat Mangga Untuk Kesehatan

Mangga atau yang juga dikenal dengan nama mempelam adalah salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Memiliki nama latin Mangifera indica, termasuk ke dalam marga Mangifera, dan merupakan anggota suku Anacardiaceae. Bertekstur halus dan dagingnya cukup tebal. Selain terkenal dengan julukan Si Raja Buah daerah tropis ini, juga dapat ditemukan banyak manfaat dan khasiat mangga untuk kesehatan.

Mangga dketahui berasal dari perbatasan India dan Burma yang akhirnya menyebar ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Menurut data FAO, Indonesia merupakan negara penghasil mangga terbesar ke 6 di dunia.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam mangga

Senyawa polifenol pada mangga berperan untuk mencegah kanker kolon, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kantung empedu. Adapun kandungan zat kimia lain di dalam buah mangga yang juga bermanfaat bagi tubuh, di antaranya :

  • energi
  • karbohidrat
  • gula
  • serat
  • lemak
  • protein
  • vitamin A, B6, dan C
  • betakaroten
  • thiamin
  • riboflavin
  • niasin
  • asam pantotenat
  • folat
  • kalium

Manfaat dan khasiat mangga untuk kesehatan

Mangga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Antioksidan yang terkandung di dalam buahnya dapat menjauhkan kita dari sel kanker. Mangga juga dapat membantu meremajakan kulit, mereduksi kolesterol, membuat mata lebih cerah, serta dapat memperbaiki sistem pencernaan.

Buah mangga banyak mengandung vitamin A dan beta karoten, yang berfungsi mengganti sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit lebih segar dan bercahaya. Sehingga, buah mangga sering digunakan untuk bahan perawatan kulit. Mengonsumsi mangga secara berkala dapat mengatur pertumbuhan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, dan menghilangkan noda hitam pada wajah. Untuk perawatan kulit sehari-hari, mangga biasa dijadikan masker, lulur, dan astringent.

Mengonsumsi mangga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 20-60%. Vitamin C dalam mangga dapat membuat jaringan kulit tetap normal dan mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, dengan mengonsumsi satu buah mangga dalam sehari, dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin A.

Mangga sebagai buah kaya nutrisi dapat berfungsi sebagai penyeimbang gizi yang bermanfaat untuk mengoptimalkan diet. Nutrisi tersebut antara lain vitamin A, vitamin C, magnesium, kalsium, antioksidan, serta kaya akan serat. Untuk itu, tidak ada salahnya memasukkan mangga ke dalam menu diet sehat.

Buah mangga tidak mengandung lemak. Mengonsumsi buah ini secara teratur tentu sangat berguna untuk menurukan kadar kolestrol. Selain itu, kadar glycemix index (GI) yang rendah pada mangga juga dapat menaikkan kadar gula darah serta memberi efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, dapat mencegah keinginan untuk makan terus menerus. Rasa manis mangga sangat cocok untuk dijadikan pengganti gula alami bagi penderita diabetes. Kandungan fenol dan enzim dalam mangga terbukti ampuh menjaga daya tahan tubuh.

Serba-serbi mangga

Sebaiknya, tidak mengolah mangga menjadi jus. Karena, akan menyebabkan kandungan karotenoid yang terdapat di dalamnya menjadi rusak. Lebih baik mengonsumsi mangga sebagai buah segar.

Mangga yang telah ranum sering kali dijadikan bahan campuran es buah dan koktail. Sedangkan mangga yang masih agak muda dapat dijadikan rujak, sambal, atau bahkan campuran masakan lainnya.

Ternyata, biji mangga juga memiliki banyak manfaat, lho! 😀 Biji mangga memiliki khasiat untuk mengatasi diare dan wabah listeriosis. Biji mangga juga dapat diolah menjadi tepung, yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuat bubur dan makanan tradisional. Di samping buah dan bijinya, daun mudanya juga dapat bermanfaat, biasanya dijadikan lalap atau sayuran.

 

Tags: