Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jombang Dalam Pengobatan Tradisional

Tanaman Jombang merupakan tumbuhan yang pendek (memiliki tinggi sekitar 10-25 cm), bunganya berwarna kuning, daunnya lebar datar dan berlekuk-lekuk. Buahnya berbentuk bola dan berbulu halus. Tanaman ini berasal dari Eropa dan Asia Barat. Tumbuhan yag memiliki nama latin Taraxacum mongolicum ini biasanya tumbuh di kawasan lereng gunung, lapangan rumput, dan sisi jalan yang berhawa sejuk. Meski termasuk tanaman liar, tetapi banyak ditemukan manfaat dan khasiat tanaman jombang di dalam pengobatan tradisional.

Manfaat dan khasiat tanaman Jombang dalam pengobatan tradisional :

Seluruh tanaman Jombang memiliki manfaat, mulai dari daun, batang, hingga akarnya.

Tanaman jombang memiliki rasa manis, pahit, bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jombang, di antaranya choline, taraxol, taraxerol,tarxasterol, ∝-amyrin, stigmasterol, glukosa, fruktosa, dan β-sitosterol.

Jombang dapat berguna sebagai, antibiotik, anti radang, menghilangkan bengkak, penurun panas, penghilang racun, peluruh kencing, serta penguat lambung dan hati.
Efek samping yang terkadang ditimbulkan setelah minum rebusan jombang di antaranya, rasa mual, muntah, tidak enak di perut, dan diare ringan

Bagian-bagian tanaman jombang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, antara lain :

  • untuk kanker di bagian paru-paru, servix, uterus, dan gusi
    cuci bersih 30 gram tumbuhan segar jombang, tumbuk sampai halus, lalu peras. Minum air perasan sekaligus. ulangi cara yang sama, diminum 2x sehari.
  • untuk luka bakar dan tersiram air panas
    tumbuk 60 gram akar jombang yang segar sampai halus lalu peras. Oleskan air perasannya pada bagian yang luka.
  • untuk maag kronis
    cuci bersih 20 gram tumbuhan segar jombang lalu rebus dengan gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari @1/2 gelas.
  • untuk memperbanyak ASI dan memperbaiki fungsi pencernaan
    potong kecil-kecil 30 gram akar segar jombang lalu rebus degngan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, peras, lalu saring air perasan. Bagi menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum 2 x sehari pada pagi dan sore @ 1 bagian.
  • untuk radang atau abses payudara
    cuci bersih 30 gram tumbuhan jombang segar lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu diminum 2x sehari @ 1/2 gelas.
    untuk obat luarnya, cuci tumbuhan segar jombang 60 gram. Tumbuk, lalu peras. Oleskan air perasannya pada bagian yang sakit
  • untuk radang kantung empedu
    cuci 40 gram tumbuhan jombang segar sampai bersih lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. saring air rebusannya lalu diminum 2x sehari @ 1/2 gelas
  • untuk tumor  esophagus (kerongkongan), lambung, usus, hati, dan pankreas
    cuci berih 20 gram tumbuhan segar jombang, tumbuk sampai halus, lalu peras. Minum air perasan sekaligus 3x sehari.
Tags: